Hindari Diabetes dengan Diet Mediterania

   •    Kamis, 12 Nov 2015 12:08 WIB
kesehatandiet
Hindari Diabetes dengan Diet Mediterania
Diet mediterania bisa mencegah diabetes. (Foto:sciencetimes.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Diet mediterania berfokus pada pola dan proporsi makanan yang dikonsumsi. Metode diet ini sangat bergizi karena menggabungkan banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, minyak zaitun, unggas dan ikan. Diet ini membatasi ketat asupan untuk daging merah. 

Banyak peneliti telah membuktikan bahwa orang-orang yang telah mengikuti diet Mediterania untuk beberapa tahun memiliki tingkat kematian yang lebih rendah. Diet jenis ini bukan berarti tentang semua masakan Mediterania. Tetapi, masakan apapun asalkan memiliki gizi yang seimbang.

Program diet mediterania menawarkan banyak manfaat untuk Anda yang memiliki masalah obesitas. Apa sajakah itu? 

1. Terhindar dari diabetes
Diet Mediterania sangat kaya akan serat makanan yang akhirnya memperlambat proses pencernaan, sehingga kadar gula akan tetap stabil yang artinya melindungi Anda terhadap serangan diabetes tipe 2.

2. Kurangi risiko serangan jantung
Mengikuti diet mediterania sama dengan mengurangi asupan roti, daging merah, dan minuman berakohol yang menjadi penyebab utama, timbulnya serangan penyakit jantung. 

3. Mengendalikan hipertensi
Selain itu, diet mediterania juga mengendalikan risiko tekanan darah tinggi dan kolesterol. Seluruh sistem kardiovaskular juga akan dipastikan tetap sehat. 

4. Memulihkan fungsi kognitif
Beberapa peneliti mengatakan bahwa, diet mediterania penuh antioksidan yang berasal dari kacang-kacangan dan minyak zaitun sehingga membantu dalam memulihkan fungsi kognitif. Bisa dipastikan juga, Anda akan aman dari ancaman penyakit Alzheimer dan Parkinson. 

5. Perlambat penuaan
Diet Mediterania diisi dengan berbagai sayuran segar, buah-buahan dan minyak zaitun. Dan diet semacam ini sudah terbukti memperlambat proses penuaan pada tubuh Anda. (Sumarni/Boldsky)


(LOV)