APEI Dorong Pemeriksaan Oknum Transaksi Semu

Arif Wicaksono    •    Kamis, 12 Nov 2015 12:40 WIB
suspensi saham
APEI Dorong Pemeriksaan Oknum Transaksi Semu
Illustrasi. FOTO ANTARA/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) sangat miris melihat aksi transaksi semu yang menyebabakan tiga sekuritas mengalami suspensi. Kejadian ini tak pelak menimbulkan malu terhadap asosiasi dan bisa meruntuhkan kepercayaan investor, maka dari itu, dia merasa perlu adanya penyelidikan atas oknum yang terlibat dalam transaksi ini.

"Tentunya kami prihatin dengan suspensi terhadap beberapa anggota bursa hari ini, namun tolong digarisbawahi bahwa sekuritas hanya salah satu tools untuk eksekusi dalam transaksi ini. Siapa pelaku utama itu yang perlu di cari dan dihukum," ujar Ketua APEI Susy Meilina kepada Metrotvnews.com, Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Susy yang juga menjabat sebagai direktur di sebuah perusahaan sekuritas ini mengatakan asosiasi tak mengetahui kejadian tersebut karena asosiasi tak memiliki data transaksi anggota bursa. Bahkan menurut dia, sampai saat ini tidak ada satupun anggota yang melapor secara formal ke apei jika perusahaannya terlibat dengan transaksi saham siap.

"Jangan hanya sekuritas yang dikenai hukuman. Ini preseden buruk, apalagi menimpa sekuritas BUMN. khawatirnya bisa meruntuhkan kepercayaan investor yang sudah susah kita bangun selama ini," kata dia.

Sebelumnya Otoritas BEI telah menyuspensi ketiga sekuritas yakni PT Danareksa Sekuritas, PT Reliance Securities, dan PT Millenium Danatama Sekuritas. Ketiganya terbukti telah melakukan kelalaian dalam transaksi saham PT Sekawan Intipratama Tbk (SIAP) dan membuat saham emiten tersebut anjlok.

 


(SAW)

Aset Novanto Terancam Disita KPK

Aset Novanto Terancam Disita KPK

1 hour Ago

Penyitaan dilakukan untuk membayar sisa uang pengganti kerugian negara atas korupsi KTP-el, yan…

BERITA LAINNYA