Desember, Harga Jual Rokok Gudang Garam Naik

Husen Miftahudin    •    Kamis, 12 Nov 2015 15:56 WIB
gudang garam
Desember, Harga Jual Rokok Gudang Garam Naik
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Arief Priyono)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Gudang Garam Tbk (GGRM) berencana untuk menyesuaikan biaya dari adanya kenaikan cukai hasil tembakau rerata 11 persen pada tahun depan. Dalam hal ini, Gudang Garam menilai kenaikan cukai tersebut memiliki dampak bagi aktivitas bisnis perusahaan rokok di dalam negeri, termasuk bagi Gudang Garam.

Direktur Gudang Garam Heru Budiman mengungkapkan, pihaknya akan menaikan harga jual rokok secara bertahap. Kenaikannya sendiri, sebut dia, berbeda-beda untuk tiap produknya.

"Jadi biasanya tahapan itu kisaran Rp100-Rp300 per pak. Rp300 untuk isi 16, Rp100 isi 12 batang. Kadang-kadang Rp50," ujar Heru, ditemui di Gedung BEI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (12/11/2015).

Ia mengaku, pihaknya melakukan strategi dengan melihat respons masyarakat terhadap kenaikan produk rokok Gudang Garam tersebut. Selain itu, pihaknya juga tetap memperhatikan gerak produsen rokok lainnya terhadap kenaikan cukai.

"Yang kita jaga di level pertama dan lihat apakah kita sendirian atau diikuti (produsen rokok) lain. Saya tidak mau jadi penjual rokok paling mahal. Kelihatannya, tanpa perjanjian semua pemain rokok sama," ungkap dia.

Menurut Heru, penyesuaian harga jual merupakan langkah yang logis menghadapi kenaikan harga cukai. Dia berharap, langkah tersebut bakal dilakukan dalam waktu cepat.

"Maunya sebelum cukai. Kalau bisa harga naik pas Desember. Kalau cukai tidak diikuti kenaikan harga yang seimbang, itu justru akan menggerus profit. Logis kan," pungkas Heru.


(ABD)