Sebelum Berangkat ke Aru, Dokter Andra Sakit

Arga sumantri    •    Kamis, 12 Nov 2015 16:01 WIB
kesehatan
Sebelum Berangkat ke Aru, Dokter Andra Sakit
Ibunda Andra, Fransisca Ristansiah--Metrotvnewss.com/Arga Sumantri

Metrovnews.com, Tangerang: Dionisius Giri Samudera meninggal saat bertugas di Kepulauan Aru. Dokter muda yang akrab disapa Andra itu sakit saat berangkat ke Kepulauan Aru.

"Sebelum berangkat badannya panas, tapi dia bilang karena ini sudah tanggung jawabnya dia memilih kembali ke pedalaman Aru. Dia harus masuk rumah sakit untuk membantu pasien," kata ibunda Andra, Fransisca Ristansiah, saat ditemui di kediamannya, Pamulang Indah, Kompleks MA, Tangsel, Banten, Kamis (12/11/2015).

Di mata Fransisca, Andra adalah anak yang sangat berbakti. Andra malah sempat minta tidur bersama sang ibu sebelum berangkat tugas ke Aru. "Dia bilang ingin tidur sama saya dan minta dipeluk. `Saya mau tidur sama ibu, peluk saya dong bu`," Fransisca menirukan permintaan anaknya.

Fransisca mengaku, meski terpukul, toh dirinya bangga terhadap Andra. Andra meninggal saat tengah membantu banyak orang di pedalaman.
 
Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI ) Zaenal Abidin mengatakan, kematian Dionisius, dokter lulusan 2015, memancing keprihatinan koleganya di Tanah Air. Menurutnya, dari peristiwa ini para dokter sadar mengenai risiko profesi.

Zaenal meminta kejadian serupa jangan terulang di masa datang. PB IDI mengajak pemerintah pusat dan daerah membekali dokter-dokter dan tenaga kesehatan lain yang dikirim ke daerah.

Semua pihak, lanjut Zaenal, juga mesti melakukan langkah profilaksis dan tatalaksana awal jika dokter dan paramedis jatuh sakit. Selain itu, akses informasi dan prosedur evakuasi perlu ditingkatkan untuk daerah sangat terpencil, kepulauan, dan perbatasan di mana terdapat pelayanan kesehatannya.

Giri Samudera meninggal Rabu 11 November pukul 18.18 WITA. Diduga karena virus campak yang menjalar hingga ke otak. Andra, sapaannya, adalah satu dari 17 dokter yang sedang menjalani masa internship di Kepulauan Aru. Dia sudah menjalani penugasannya selama enam bulan.

Andra sebetulnya akan mulai menjalani penugasan di RSU Cendrawasih Kepulauan Aru mulai hari ini, setelah lima bulan sebelumnya menjadi dokter di puskesmas.


(YDH)