Persiapan Sudin Tata Air Jakarta Utara Hadapi Banjir

Damar Iradat    •    Kamis, 12 Nov 2015 16:10 WIB
banjir jakarta
Persiapan Sudin Tata Air Jakarta Utara Hadapi Banjir
Ilustrasi banjir di jalan tambang-----MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Suku Dinas (Sudin) Tata Air Jakarta Utara mengaku sudah bersiap memasuki musim penghujan tahun ini. Seluruh persiapan, pengerukan, hingga perbaikan pompa air telah dilakukan.

Kepala Sudin Tata Air Jakarta Utara Kasna mengaku kesiapan tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Mereka mengaku telah mengeruk 38 lokasi sungai penghubung (PHB).

"Ditambah Kali Cakung Lama," kata Kasna saat dihubungi Metrotvnews.com, Rabu (12/11/2015).

Pengerukan Kali Cakung Lama belum sepenuhnya dilakukan. Menurut Kasna, sudin baru mengeruk tiga dari 9,2 kilometer yang perlu dikeruk.

Selain pengerukan, perbaikan pompa yang rusak juga dikebut. Ada tiga titik pompa yang masih perlu diperbaiki: Kampung Musi, Penjaringan, dan pompa Melayu.

Data yang didapat Metrotvnews.com, ada 111 pompa di 38 titik banjir di Jakarta Utara. Sebanyak 14 titik atau sekitar 25 pompa di antaranya adalah kewenangan Sudin Tata Air Jakut.

"Yang perlu diperbaiki itu yang kecil-kecil saja. Seperti di Pluit, Sunter Utara, Rawa Badak, enggak ada masalah," sebut dia.

Persiapan lain, kata Kasna, sudin menyediakan dua dari tiga mobil pompa. Satu unit tengah dalam perbaikan. Pihaknya juga menyiapkan pompa yang bisa dibongkar pasang atau portable tapi baru satu unit.

Tak hanya itu, Kasna juga menyiagakan enam personel satgas antibanjir di setiap kecamatan.

"Di Sudin Tata Air sendiri disiagakan enam truk dan 60 personel," ujar Kasna.


(TII)

Ingin Jenguk Setnov di RSCM Harus Izin ke KPK

Ingin Jenguk Setnov di RSCM Harus Izin ke KPK

1 hour Ago

Ketua DPR Setya Novanto masih menjalani perawatan intensif di RSCM, Jakarta Pusat. Hingga kini,…

BERITA LAINNYA