Lebih Disukai Warga Jakarta, Emil: Saya Belum Berminat

Roni Kurniawan    •    Kamis, 12 Nov 2015 16:10 WIB
pilgub dki 2017
Lebih Disukai Warga Jakarta, Emil: Saya Belum Berminat
Foto: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kiri) dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (kanan)/Ant_Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Bandung: Popularitas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Jakarta ternyata sangat besar. Bahkan pria yang akrab disapa Emil itu lebih disukai dibandingkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Demikian hasil survei Cyrus Network Research and Consulting terkait sejumlah nama yang dirilis Rabu 11 November 2015. Dari sejumlah tokoh yang disebut-sebut akan maju dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017, Ridwan Kamil unggul 72,4 persen di kategori disukai (likeabilitas).

Menanggapi hal ini, Emil menjawab santai. Emil mengaku belum berminat untuk maju pada Pilgub DKI Jakarta 2017 mendatang.

"Banyak pembicaraan, lebih dari 12 institusi parpol ngajak ini itu. Sampai hari ini, saya belum berminat. Jadi menteri juga sama. Apapun tawarannya, di hari ini jawaban saya mau konsentrasi di Bandung," kata Emil kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jawa Barat, Kamis (12/11/2015).

Ia pun tidak menampik ada tawaran untuk maju di pemilihan kepala daerah lainnya seperti Surabaya dan Yogyakarta. Namun, Emil mengaku lebih memilih Kota Bandung untuk melakukan perubahan dengan konsep arsitekturnya sehingga membuat Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini mengalami berbagai perubahan terutama di jantung Kota Kembang.

"Jadi Gubernur Jogja saya enggak mau, jadi Wali Kota Surabaya  juga enggak mau karena saya ingin jadi Wali Kota Bandung. Kota Bandung ini yang membuat saya melompat dari karir profesional saya. Bandung saat itu butuh perubahan, maka saya ambil  posisi yang baik adalah kewalikotaan," imbuhnya.

Sementara itu, lanjut Emil, jika tidak bisa melanjutkan tugasnya sebagai Walikota pada periode mendatang. Pria yang mempunyai profesi sebagai arsitektur itu lebih memilih menjadi warga.

"50 persen mimpi saya kembali lagi jadi warga biasa. Tiba-tiba surprise saya enggak nerus dua kali jangan kaget, karena setengah hati saya ingin jadi orang biasa," pungkasnya.

Dalam survei likeabilitas itu, Kang Emil, sapaan Ridwan, menempati posisi pertama dengan persentase 72,4 persen. Di bawahnya ada mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dengan 71,9 persen. Kemudian Ahok di posisi ketiga dengan 67,2 persen.

Sementara dalam popularitas, Ahok masih unggul cukup jauh dari Kang Emil yang berada di peringkat ketiga dengan persentase 80,4 persen. Ahok di peringkat pertama dengan 96,8 persen. Sedangkan Risma berada di posisi dua dengan raihan 81 persen.


(TTD)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA