Jaga Alam demi Kelangsungan Umat Manusia

Kesturi Haryunani    •    Kamis, 12 Nov 2015 16:14 WIB
Jaga Alam demi Kelangsungan Umat Manusia

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia merupakan negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua di dunia setelah Brazil. Fakta tersebut menunjukkan tingginya keanekaragaman sumber daya alam hayati yang dimiliki Indonesia. 

Kenakeragaman sumber daya alam membuat manusia berpikir, bagaimana memanfaatkannya. Tapi seringkali lalai menjaga alam agar terus lestari.

"Pada prinsipnya, potensi alam ini harus kita kelola. Tetapi, kita juga harus merawatnya agar alam dapat terus terjaga," ujar Wakil Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution dalam sebuah film pendek produksi Sustainable Landscapes Partnerships (SLP) di Sumatera Utara.

Di dalam video tersebut, ditampilkan tujuan SLP yang merupakan salah satu program Conservation International (CI) Indonesia. Beberapa di antaranya yaitu menyelesaikan permasalahan perubahan iklim, menjaga hutan, dan meningkatkan kesejahteraan manusia.

"Kalau masyarat tidak lagi peduli kepada hutan, maka siapa lagi yang akan memberi dorongan pada masyarakat untuk menyayangi dan mencintai alam ini?" tutur Binsar Nasution, polisi hutan di Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Dengan dukungan dari SLP, pemerintah, komunitas, bisnis dan LSM, CI ingin mengembangkan dan menguji solusi inovatif skala lanskap untuk permasalahan yang disebabkan tekanan manusia pada alam. Tujuan dari program ini adalah melaksanakan perkembangan berkelanjutan untuk dapat menyelamatkan makanan, air bersih, kehidupan dan iklim yang berpengaruh pada peran alam terhadap kesejahteraan kita.

"Mengapa air perlu kita jaga?" sebuah dialog dalam film pendek ini cukup menggugah hati.

Secara sederhana dijelaskan, bahwa air sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa air, maka manusia tidak akan bisa hidup.

Air berasal dari hutan. Jika hutan dipelihara dengan baik, maka akan menghasilkan air yang baik pula. Tapi jika hutan dirusak, maka air akan menjadi kering.

Hutan dan lingkungan hidup ini bukan warisan dari nenek moyang kita, tapi pinjaman dari anak cucu kita. Konsekuensinya, kita harus menjaga dan melestarikannya lebih baik lagi untuk masa mendatang.

 
(LHE)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

21 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA