Blusukan Bareng Turnbull, Jokowi Ingin Tunjukkan Hubungan Baik RI-Australia

Al Abrar    •    Kamis, 12 Nov 2015 16:30 WIB
indonesia-australia
Blusukan Bareng Turnbull, Jokowi Ingin Tunjukkan Hubungan Baik RI-Australia
Presiden Joko Widodo dan PM Australia Malcolm Turnbull di Pasar Tanah Abang. Foto: Al Abrar/MTVN

Metrotnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo blusukan bareng Perdana Menteri Australia Malcolm Bligh Turnbull ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Momentum ini dijadikan sinyal bahwa hubungan Indonesia dan Australia harmonis.  

Kepada wartawan, Jokowi mengatakan, dirinya memperkenalkan Turnbull sebagai Kepala Pemerintahan Australia yang baru. Selain itu, memperlihatkan pada dunia bahwa Indonesia dan Australia merupakan negara bersahabat. 

"Masyarakat jadi tahu Indonesia dan Australia dekat," kata Jokowi dalam jumpa persnya di Blok A, Pasar Tanah Abang Lantai Dasar, Kamis (12/11/2015).

Selain itu, Jokowi juga ingin menunjukkan bahwa Indonesia memiliki pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara. Presiden berharap peristiwa ini berlanjut, baik dari sisi Indonesia maupun Australia. Selain hubungan yang erat, ada kerja sama yang menguntungkan bagi kedua negara.  

"Bahwa inilah pasar Tanah Abang. Pasar rakyat, pasar terbesar di Indonesia dan di asia tenggara,". tukasnya.

Hubungan Indonesia-Australia sempat memanas lantaran Tonny Abbot, PM sebelum Malcolm, menolak eksekusi terhadap Myuran Sukumaran dan Andrew Chan, warga Australia yang divonis hukuman mati karena kasus narkotika.

Bahkan, Australia saat dipimpin Abbot mengancam menarik duta besar mereka di Indonesia jika Sukumaran dan Chan dihukum mati. Ancaman itu tidak membuat pemerintah Indonesia ciut. Sukumaran dan Chan tetap dihukum mati.

Indonesia juga berupaya memperbaiki hubungan dengan Australia. Beberapa waktu lalu Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu Menlu Australia Julie Bishop.

Pertemuan itu membicarakan peningkatan kerja sama perdagangan, investasi bilateral, keamanan, penegakan hukum dan pendidikan. Termasuk rencana Australia membuka Konsulat Jenderal di Makassar.

Retno merasa pertemuan dengan Bishop berlangsung dalam suasana yang produktif. Pertemuan ini menandai pulihnya ketegangan diplomatik Indonesia dan Australia. Kedua menlu menyepakati kunjungan bulanan menteri Australia ke Indonesia hingga akhir tahun ini.


(KRI)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA