OJK Dorong Lebih Banyak Penerbitan Sukuk

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 12 Nov 2015 16:57 WIB
ojk
OJK Dorong Lebih Banyak Penerbitan Sukuk
ilustrasi OJK. Ant/Fanny

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya meningkatkan perkembangan keuangan syariah. Salah satu upaya yang dilakukan oleh OJK adalah dengan mendorong produk keuangan syariah.

"Kalau bicara sukuk, ini dari pihak penerbit produk. Tentu kita akan lakukan pendekatan atau dialog yang lebih intens dengan pihak-pihak atau perusahaan yang berpotensi terbitkan sukuk," kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida di Hotel Kempinski, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (12/11/2015).

Dirinya menambahkan, penerbitan sukuk sendiri bisa dilakukan oleh siapapun termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau oleh perusahaan swasta. Karenanya OJK terus memberikan edukasi perihal manfaat yang didapatkan perusahaan melalui penerbitan sukuk.

"Perusahaan itu merasa, dari survey yang dilakukan yah, untuk terdaftar atau listing di pasar modal terlalu costly, soal keterbukaan informasi setelah menjadi emiten, itu berat. Ke depan kita akan review peraturan yang sekiranya bisa disederhanakan, sehingga tidak lagi dianggap beban yang berat," jelas dia.

Di samping itu, Nurhaida menyebutkan jika OJK tengah mengkaji insentif yang bisa diberikan bagi penerbitan sukuk. Misalnya memberikan pungutan bagi penerbitan sukuk yang tidak sama dengan konvensional.

"Sekarang ini sebetulnya sudah ada keringanan di-IPO atau penawaran umum sukuk. Batas maksimum yang dikenakan ke mereka sudah lebih rendah dibandingkan maksimum yang dikenakan pada produk-produk konvensional," pungkasnya.

 


(SAW)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

7 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA