Test Ride

Moto Guzzi Audace, Cruiser yang Punya Aliran Torsi nan Halus

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 13 Nov 2015 10:10 WIB
moto guzzi
Moto Guzzi Audace, <i>Cruiser</i> yang Punya Aliran Torsi nan Halus
Getaran mesin Moto Guzzi Audace cukup terasa, namun halus saat sudah melaju. Motorcycle

Metrotvnews.com, Jakarta: Moto Guzzi beberapa waktu lalu meresmikan kehadirannya di Indonesia, melalui PT Piaggio Indonesia. Merek ini memang satu atap dalam naungan Piaggio Group dan kami sempat merasakan satu dari varian motor cruiser-nya yaitu Audace

Sebagai pemain baru, Moto Guzzi sendiri langsung hadir dengan empat varian, salah satunya adalah California Audace. Ini adalah tipe terbesar baik dari sisi kapasitas mesin maupun dimensi.

Redaksi otomotif Metrotvnews.com, berkesempatan bercumbu singkat dengan motor berbanderol Rp765 juta ini. Lokasinya adalah area Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Merek Moto Guzzi sangat lekat dengan motor beraroma klasik, maka Audace pun begitu. Tapi tetap dengan sentuhan modern, seperti panel instrumen digital berbentuk bulat, pelek casting wheel dan banyak lagi.

Menunggangi motor berbobot 299 kilogram ini awalnya terasa berat, terlebih ukuran ban 18 inci 130/70 cukup besar. Belum lagi getaran dari mesin V-twin yang cukup terasa saat mesin menyala stationer.

Kesan berat lantas hilang seketika saat mulai berjalan. Tuas kopling empuk, getaran berkurang saat sudah cruising. Bentuk setang lebar membuat posisi dada sangat terbuka.

Sayangnya kepala silinder yang muncul dari bawah tangki cukup memberi rasa panas di lutut bagian dalam. Dan lagi, hawa panas tersebut turut merembet hingga tangki bahan bakar. Sistem pendinginan hanya manfaatkan oil cooler saja.

Performa dapur pacu 1.380 cc V-twin, 4 tak, terbilang halus meski torsi berlimpah. Aliran torsi naik bertahap, tidak liar. Sesuai dengan karakter untuk perjalanan luar kota. Penyaluran tenaga pun halus karena menggunakan shaft, bukan rantai.

Jangan lupakan juga teknologi elektronik yang cukup canggih, mulai dari ride by wire dengan tiga pilihan map mesin, tiga level traction control, cruise control, rem dengankaliper radial dari Brembo dan banyak lagi.

Untuk penggunaan dalam kota, memang akan sedikit menyulitkan bagi yang belum terbiasa. Tapi untuk perjalanan luar kota, Moto Guzzi Audace bisa jadi pilihan.

Data Spesifikasi
Mesin:V-Twin 90 derajat, 4tak, 4 valve
Kapasitas mesin: 1.380 cc
Bore x stroke: 104 mm x 81,2 mm
Tenaga maksimal: 95,2 hp @6.500 rpm
Torsi maksimal: 121 Nm @3.000 rpm
Sok depan: Teleskopic, 45 mm
Sok belakang: Ganda dengan adjustable extension & preload
Rem depan: Dual 320 mm floating disk Brembo, ABS
Rem belakang: 282 mm floating disk Brembo, ABS
Ban: 130/70-18 & 200/60-16
Kapasitas tangki: 20,5 liter
Berat isi: 299 kilogram


(UDA)

Kurang Sehat, Pemeriksaan Setnov Ditangguhkan

Kurang Sehat, Pemeriksaan Setnov Ditangguhkan

46 minutes Ago

KPK menangguhkan pemeriksaan kedua tersangka kasus korupsi KTP-el, Setya Novanto dengan alasan …

BERITA LAINNYA