Teruskan Audit Petral, Pertamina Perketat Kerja Sama Mitra ISC

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 12 Nov 2015 17:40 WIB
pertamina
Teruskan Audit Petral, Pertamina Perketat Kerja Sama Mitra ISC
Pertamina. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) akan menseleksi ketat pihak ketiga yang akan masuk sebagai mitra Integrated Suply Chain (ISC). Hal itu dikatakan Vice Presiden Corporate Commmunication, Pertamina, Wianda Pusponegoro terkait langkah yang akan dilakukan perseroan setelah audit investigasi dan forensik Pertamina Energy Trading Limited (Petral) selesai.

"Terkait dengan pihak-pihak ketiga bila ada indikasi terlibat agar tidak lagi masuk sebagai mitra ISC," kata Wianda kepada Metrotvnews.com, Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Wianda mengungkapkan bila ada indikasi kuat suatu mitra tidak memenuhi Good Corporate Governance (GCG) sebagai pihak ketiga, maka tidak akan dimasukan sebegai mitra. Lain hal, kalau ada yang memiliki kredibilitas yang bagus akan tetap bisa masuk sebagai mitra ISC.

"Hanya pihak-pihak ketiga yang ada indikasi kuat tidak GCG. Lainnya yang kredibilitasnya bagus tetap bisa masuk sebagai mitra," ungkap dia.

Sebelumnya, Menurut Rini menyatakan audit forensik tersebut memang memeriksa kejanggalan bisnis yang dijalankan Petral. Setelah mendapatkan hasil laporan audit, Rini menanyakan pada Direktur Pertamina Dwi Soetjipto langkah apa yang selanjutnya akan dilakukan perusahaan.

"Saya minta pada Pak Dwi, oke setelah kita dapatkan laporan itu, aksi korporasi (corporate action) apa yang akan kita lakukan sehingga Pertamina terjaga dari hal-hal yang dianggap merugikan," kata Rini ditemui di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, siang tadi.

Selain melakukan aksi korporasi terhadap hasil audit, langkah yang dilakukan selanjutnya yakni mengenai upaya hukum (legal action), tentunya dilakukan bersama-sama dengan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

 


(SAW)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

2 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA