Menkeu Bagikan Bibit di Desa Pengekspor Kayu Sengon

Pythag Kurniati    •    Kamis, 12 Nov 2015 17:44 WIB
ekspor
Menkeu Bagikan Bibit di Desa Pengekspor Kayu Sengon
Menteri Keuangan memberikan bibit sengon ke perwakilan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Wonogiri: Di tahun 2016, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menginstruksikan pembagian satu juta bibit sengon kepada masyarakat dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kabupaten Wonogiri.

Bibit sengon tersebut akan ditanam petani-petani lokal, dikelola oleh PT Nagabhuana Aneka Piranti (NAP) menjadi potongan kayu dan diekspor. Bambang mengungkapkan langkah ini dilakukan sebagai upaya memberdayakan usaha kecil dan menengah yang dapat mendukung kegiatan ekspor. 

“Untuk ekspor sengon bahan bakunya dari petani-petani di Wonogiri. Sehingga para petani sengon kita ini dapat dikatakan sebagai pahlawan devisa,” ungkapnya saat meninjau PT NAP di Desa Manjung, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Kamis (12/11/2015).

Tahun 2015 sebanyak 135 ribu bibit sengon siap dibagikan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kabupaten Wonogiri yang kurang lebih terdiri dari 871 orang anggota. Di tahun 2016, pemerintah menargetkan satu juta bibit sengon dapat dimanfaatkan masyarakat.

Bambang mengemukakan pemberian bibit sengon kepada masyarakat Wonogiri terutama difokuskan pada tiga desa di kawasan PT NAP. Tiga desa tersebut adalah Desa Manjung, Desa Wonokerto dan Desa Wonoharjo. 

“Sengon ini nantinya bisa menjadi produk ciri khas dari tiga desa di sekitar kawasan ini. Selain itu juga mampu menyerap tenaga kerja,” imbuh Bambang.

Kepala Desa Manjung, Wahyono membenarkan jika tata kelola kayu sengon membuat masyarakat desanya tidak lagi menganggur. “Hampir tidak ada lagi masyarakat yang tidak mendapat pekerjaan. Setidaknya bekerja di tempat pengolahan sengon ini. Ke depan para petani pun dapat mengolah sendiri sengon yang mereka tanam dengan program pendampingan," kata dia.

Tahun 2015, PT NAP telah menghasilkan ekspor senilai Rp500 miliar. Pasar ekspor bahan baku tersebut, 90 persen ke Tiongkok dan sisanya ke Jepang serta Thailand.


(SAN)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA