Modifikasi Motor

Honda New Sonic 150R, jadi Trial Bike Garapan Pemenang HMC

Ahmad Garuda    •    Kamis, 12 Nov 2015 18:21 WIB
modifikasi motor
Honda New Sonic 150R, jadi <i>Trial Bike</i> Garapan Pemenang HMC
Honda Sonic 150R Trial Bike hasil garapan pemenang Honda Modif Contest 2014. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Yogyakarta: PT Astra Honda Motor (AHM) selaku pemilik event Honda Modif Contest (HMC), memberikan pengalaman unik kepada pemenang event 2014. Selain berkunjung ke Bangkok Motor Show 2015, mereka juga diberikan kesempatan menggarap sebuah Sonic 150R.

Uniknya, garapan yang mereka lakukan tidaklah asal. Lantaran setiap detil ubahan yang teraplikasi di sana, dikerjakan dengan pengawasan ketat dari para pakarnya.

Para pakar yang terlibat diantaranya adalah Amirul Nefo dari Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung, Lulut Wahyudi dari rumah modifikasi Jogja Custom Cycle, Fred S Rudiyanto sebagai Kepala Program Studi Desain Produk ITENAS Bandung. Kemudian juga kru tim ITENAS dan juga dari Razzle Dazzle Chopper Works (RDCW) Indonesia.

Menurut Lulut Wahyudi yang juga bertindak sebagai ketua tim juri HMC, bahwa proses modifikasi motor dari benar-benar baru tersebut dilakukan dengan proses yang seharusnya.

"Paling susah sebenarnya menentukan konsep yang akan kita aplikasi ke motor, namun tiga pemenang HMC yaitu Dwiki Aditya Suryanto, Syaiful Anwar dan Alfando H Kurniawan, mampu mengambil konsep yang unik. Di sesi bagian ini kami menyebutnya sebagai Honda Moto Project," ujar Lulut.

Lulut melanjutkan bahwa sesi selanjutnya adalah proses aplikasi konsep. Proses ini juga dibantu oleh rumah modifikasi RDCW dan pihak ITENAS. Jadi aplikasi ke motornya benar-benar sempurna dan tidak terkesan asal lagi.

Hasilnya, Sonic dengan konsep Trial Bike garapan para pemenang HMC ini, akhirnya show off di HMC putaran pamungkas di Yogyakarta. Motor ini tampil dengan ubahan yang cukup ekstrim, tapi masih mengutamakan fungsi, kelaikan jalan dan terpenting sisi safety-nya.

Ada beberapa komponen copotan, seperti kaki-kaki bagian depan milik CBR150R, kemudian main headlamp dan stop lamp. Sayangnya belum sempat dibuktikan apakah benar-benar memiliki kemampuan untuk melakukan atraksi ala motor trial.

Spesifikasi modifikasi:
Mesin: standar
Pelek: 19 inci (depan) dan 16 inci (belakang)
Ban: IRC
Suspensi: CBR 150R (depan), belakang standar
Knalpot: custom RDCW
Bodi: Galvanized custom RDCW
Cat: Polyurethane custom RDCW


(UDA)

Hakim Tolak Eksepsi KPK

Hakim Tolak Eksepsi KPK

48 minutes Ago

Itu berarti, proses praperadilan terhadap Novanto bakal dilanjutkan ke tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA