Jakarta Hadapi Banjir

Proyek Penanggulangan Banjir Jakarta Utara Terkendala Waktu

Damar Iradat    •    Kamis, 12 Nov 2015 19:12 WIB
banjir jakarta
Proyek Penanggulangan Banjir Jakarta Utara Terkendala Waktu
Alat berat mengeruk sampah dan lumpur di Waduk Pluit, Jakarta Utara, untuk mengantisipasi banjir, Selasa 23 Juni 2015. Foto: MI/Immanuel Antonius

Metrotvnews.com, Jakarta: Suku Dinas Tata Air Jakarta Utara punya cukup anggaran untuk membangun proyek penanggulangan banjir. Namun, yang jadi masalah waktu merealisasikan proyek sangat kurang.

Kepala Suku Dinas Tata Air Jakut, Kasna mengatakan, waktu merealisasikan proyek kurang karena pengesahan dokumen pelaksanaan anggaran terlambat. "Selain itu, waktu lelang juga cukup lama," kata Kasna kepada Metrotvnews.com, Kamis (12/11/2015).

Proyek penanggulangan banjir ada yang bisa dikerjakan Dinas sendiri, tapi ada juga yang harus dilelang. Sementara, proses lelang memakan waktu berbulan-bulan.

"Pembangunan pompa itu lelang, tapi butuh waktu tiga bulan. Untuk pengerjaan fisik makan waktu empat bulan," ujarnya.

Menurut Kasna, proyek penanggulangan banjir lebih baik secara swakelola. Dengan begitu, ia yakin persiapan menghadapi banjir cukup selama satu tahun.

Menghadapi banjir akhir 2015 hingga awal 2016, Suku Dinas Tata Air Jakarta Utara akan mengandalkan tujuh eskavator dan delapan truk.


(TRK)