Barang Ilegal Kiriman TKI Dimusnahkan

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Kamis, 12 Nov 2015 22:57 WIB
barang ilegal
Barang Ilegal Kiriman TKI Dimusnahkan
Sejumlah barang ilegal dimusnahkan petugas Bea Cukai Tanjung Perak, di Surabaya, Kamis (12/11/2015). Foto: Metrotvnews.com/Rosyid

Metrotvnews.com, Surabaya: Ratusan botol minuman keras ilegal hasil kiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) dimusnahkan di Bea Cukai Tanjung Perak, Kamis, 12 November. Selain miras, berbagai barang sitaan lainnya juga dimusnahkan.

Kasubsi Penindakan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Tanjung Perak, Lucky Tamo, menjelaskan barang-barang yang dimusnahkan ini hasil sitaan dari kiriman para TKI selama 2012-2014.

“Yang paling banyak kami sita adalah miras. Yang lainnya misalnya, petasan, daun kering, soft gelatin, softgel deep sea fish oil, cairan kimia, tepung, kosmetik, dan obat dermovate,” katanya, di Surabaya.

Lucky menjelaskan, barang-barang tersebut diselundupkan oleh para TKI yang mengirimkan barang kepada keluarganya di Indonesia. Di dalam barang yang dikirim tersebut, diselipkan barang-barang seperti miras dan barang ilagal lainnya tanpa disertai dokumen.

“TKI yang mengirim barang tersebut berasal dari Taiwan, Tiongkok, Hongkong, dan Arab. Barang-barang yang dikirim melalui ekspedisi ini menumpuk dahulu hingga kuotanya mencapai satu kontainer. Jika sudah mencapai satu kontainer, barang siap dikirim ke Indonesia,” kata Lucky.

Menurut Lucky, barang-barang ilegal itu dikirim sekitar 250 TKI. Meskipun barang itu kecil, kata Lucky, tetap tidak diperbolehkan karena berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 188 tentang Barang Impor, yang dibawa oleh penumpang lebih dari 1 liter.

“Kami sudah mendapat persetujuan pemusnahan oleh Menteri Keuangan melalui KPKNL Surabaya sesuai surat persetujuan nomor S-40/MK.6/WKN.10 /KNL.01/2015 tertanggal 15 Mei 2015. Maka, barang-barang ilegal kiriman dari TKI tersebut kami dimusnahkan,” kata dia.


(UWA)