Oesman Sapta Dukung Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya

Kesturi Haryunani    •    Jumat, 13 Nov 2015 13:52 WIB
mpr ads
Oesman Sapta Dukung Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya
Wakil Ketua MPR Oesman Sapta menerima delegasi Papua Barata Daya untuk membahas pemekaran wilayah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua MPR Oesman Sapta setuju adanya pemekaran Provinsi Papua dan Papua Barat, menjadi Provinsi Papua Barat Daya. Sebab, Papua merupakan pulau yang sangat besar dan luas.

“Pulau Papua geografisnya sangat besar. Saya pikir pembentukan Provinsi Papua Barat Daya adalah hal yang bagus,” ujar Oesman Sapta saat menerima inisiator pembentukan Provinsi Papua Barat Daya yang dipimpin Johanis Naa, di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Menurut Oesman, pembangunan di Papua harus berkonsentrasi membangun masyarakat dan sumber daya. Jika benar terjadi pemekaran di Pulau Papua, maka dana yang diberikan pemerintah pusat harus benar-benar digunakan untuk membangun.

"Sehingga dana dari pusat bisa diperanggungjawabkan dan bukti dari pemekaran provinsi baru ada serta nyata," ujar Oesman.

Oesman Sapta mengharap, Provinsi Papua Barat Daya dapat terbuka dengan masyarakat dari daerah lain jika terbentuk nanti. Sebab, tak mungkin membangun daerah kosong.

"Jangan malu menerima penduduk dari daerah lain. Penduduk daerah lain dengan penduduk setempat harus bersama-sama membangun wilayah," tutur Oesman.

Pria yang akrab disapa Oso ini pun mendorong adanya transmigrasi, agar terjadi percepatan pembangunan wilayah. Namun, kaum transmigran harus memperhatikan budaya setempat.


(NIN)

Novanto Sudah Bisa Dikunjungi

Novanto Sudah Bisa Dikunjungi

12 minutes Ago

Lembaga antirasywah telah mengizinkan tersangka kasus korupsi pengadaan KTP elektronik itu mene…

BERITA LAINNYA