Sore Ini, Sudirman Said ke KPK

Yogi Bayu Aji    •    Jumat, 13 Nov 2015 14:44 WIB
suap pltu di papua
Sore Ini, Sudirman Said ke KPK
Sudirman Said. Antara Foto

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said akan menyambangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat 13 November, pukul 16.00 WIB.

Pelaksana Harian Kepala Biro Hubungan Masyarakat KPK Yuyuk Andriati mengatakan, mantan Direktur PT Pindad itu akan diperiksa terkait kasus dugaan suap usulan penganggaran proyek pembangunan infrastuktur energi baru dan terbarukan tahun anggaran 2016 di Kabupaten Deiyai, Papua.

Sudirman akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Rinelda Bandaso. Rinelda adalah sekretaris pribadi anggota Komisi VII DPR Fraksi Hanura Dewie Yasin Limpo.

Saat rapat kerja Komisi VII dengan Sudirman pada 8 April, Dewie menyampaikan usulan pembangunan pembangkit listrik di Deiyai.

Pada Jumat 6 November, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana juga diperiksa penyidik KPK.

Kasus ini terbongkar ketika Dewie bersama staf ahlinya, Bambang Wahyu Hadi, dicokok KPK pada Selasa 20 Oktober. Penangkapan keduanya rangkaian operasi tangkap tangan terhadap Rinelda, Kepala Dinas Pertambangan Kabupaten Deiyai, Papua, Iranius Adi, dan Direktur PT Abdi Bumi Cendrawasih Setiadi.

Saat penangkapan, KPK menemukan uang 177.700 dolar Singapura di dalam bungkus keripik singkong. Uang itu diduga dari Setiadi untuk Dewie yang diberikan melalui Rinelda.


(TRK)

Ingin Jenguk Setnov di RSCM Harus Izin ke KPK

Ingin Jenguk Setnov di RSCM Harus Izin ke KPK

1 hour Ago

Ketua DPR Setya Novanto masih menjalani perawatan intensif di RSCM, Jakarta Pusat. Hingga kini,…

BERITA LAINNYA