Partai Pimpinan Aung San Suu Kyi Resmi Menang Pemilu Myanmar

Fajar Nugraha    •    Jumat, 13 Nov 2015 14:48 WIB
pemilu myanmar
Partai Pimpinan Aung San Suu Kyi Resmi Menang Pemilu Myanmar
Pemimpin oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Yangon: Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi memenangkan suara mayoritas di Pemilu Myanmar. Hampir 80 persen kursi parlemen dimenangkan oleh NLD.

Pengumuman ini disampaikan oleh komisi pemilu Myanmar pada Jumat (13/11/2015). Namun hasil pemilu tersebut masih belum disertifikasi.

Kemenangan NLD dalam pemilu bersejarah ini tentunya membuka peluang untuk terjadinya transisi demokrasi di negara bekas junta militer itu.

Pemilu yang berlangsung pada 8 November 2015 itu, merupakan pemilu yang pertama dilakukan secara bebas dalam waktu 25 terakhir. Suu Kyi sendiri sudah memastikan tempat di parlemen, setelah menang di wilayah konstituen Kawhmu. Demikian diberitakan IBTimes, Jumat (13/11/2015).

Sementara NLD secara total memenangkan 238 kursi dari 440 kursi yang tersedia dalam majelis rendah Myanmar. Namun hanya 330 yang diperebutkan dalam pemilu, sedangkan 110 sudah dipersiapkan untuk kalangan militer.

Presiden Myanmar Thein Sein, Panglima Militer Jenderal Min Aung Hlaing dan Ketua Majelis Rendah Shwe Mann sudah memberikan selamat kepada Suu Kyi dan NLD pada Rabu (11/11/2015). Ucapan selamat juga diberikan oleh Presiden AS Barack Obama.

Pada akhirnya parlemen akan memilih presiden Maret 2015 mendatang. Namun Suu Kyi tidak dapat mencalonkan diri, mengingat adanya undang-undang yang melarang warga yang menikah atau berhubungan dekat dengan warga asing untuk menjadi presiden.
 


(FJR)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

12 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA