Kementerian ESDM Sosialisasikan Aturan Biaya Listrik Apartemen

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 13 Nov 2015 14:50 WIB
listrikapartemen
Kementerian ESDM Sosialisasikan Aturan Biaya Listrik Apartemen
Ilustrasi (MI/USMAN ISKANDAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), melakukan sosialisasi atas Peraturan Menteri ESDM Nomor 31 Tahun 2015 terkait dengan pelegalan pemilik apartemen atau rumah susun meminta biaya fasilitas listrik ke penghuni apartemen.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, Jarman menjelaskan, selama ini tidak ada aturan yang mengatur pemilik apartemen atau rumah susun boleh meminta biaya tambahan untuk fasilitas umum dan khusus kepada penghuni apartemen atau tidak.

"Selama ini rumah susun tidak jelas aturannya. Ini kita mengatur. Pengurus rumah susun nanti mengenakan biaya kepada pemilik apartemen itu yaitu biaya pemakaian ditambah biaya fasilitas umum dan fasilitas khusus," kata Jarman, di Kantor Direktorat Ketenagalistrikan, Jalan Rasuna Said, Jakarta, Jumat (13/11/2015).

Selama ini pemilik apartemen tidak memiliki payung hukum untuk meminta biaya listrik tambahan guna fasilitas umum seperti lift, penerangan koridor, dan lain-lain sehingga dengan adanya Permen ini dapat menguatkan pemilik apartemen.

"Selama ini sudah dilakukan, tapi peraturannya tidak jelas. Jadi seolah-olah biaya fasilitas umum dan fasilitas khusus adalah "biaya apa itu". Kita mengatakan bahwa selama pengelolaan itu tidak mengambil keuntungan. Kita hanya memberikan payung hukum saja," jelas dia.

Jarman menegaskan, meski diberikan legalitas untuk memungut biaya listrik tambahan namun pemilik apartemen tidak boleh sama sekali mengambil keuntungan. Prinsipnya sama dengan RT atau RW yang meminta biaya listrik tambahan untuk mengelola fasilitas lingkungan.

"Iya (tidak boleh). Prinsipnya seperti pengurus RT atau RW, dan dia mengelola fasilitas itu. Selama ini tidak jelas dan belum ada payung hukumnya. Ini payung hukumnya," pungkas dia.

Permen ESDM No. 31 tahun 2015 mengatur tentang Penyediaan Tenaga Listrik untuk Bangunan dalam Kawasan Terbatas, seperti Rumah Susun, Apartemen, Kondominium, Pasar, Pusat Perbelanjaan, Perkantoran, Pergudangan, atau Bangunan dengan Kepemilikan Individual dan Bersama (Strata Title) untuk Kegiatan Lainnya.


(ABD)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

7 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA