Nyaris Kolaps, Djakarta Lloyd Diklaim Jadi Bintang Baru BUMN

Mufti Sholih    •    Jumat, 13 Nov 2015 14:59 WIB
djakarta lloyd
Nyaris Kolaps, Djakarta Lloyd Diklaim Jadi Bintang Baru BUMN
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Metrotvnews.com, Jakarta: Perusahaan pelayaran logistik di Indonesia, PT Djakarta Lloyd (Persero), mulai unjuk gigi. Setelah sempat terbelit masalah, di tahun ini menjadi titik baru bagi perusahaan untuk bangkit kembali.

"Pada 2015 ini merupakan titik baru bagi DL dalam membangun negeri. DL, yang sempat terbelit masalah, kini sudah bangkit. Bahkan menjadi bintang baru dalam jajaran perusahaan BUMN," ujar Direktur Utama Djakarta Lloyd, Arham Sakir Torik, dalam siaran persnya, di Jakarta, Jumat (13/11/2015).

Perusahaan yang telah berusia 65 tahun itu mencatatkan laba bersih sekitar Rp9,7 miliar per September 2015 ini. Menurut dia, ini merupakan prestasi yang sangat jarang ditorehkan bagi perusahaan yang hampir kolaps.

Adapun pencapaian yang sudah dilakukan perusahaan adalah penandatanganan berbagai kerja sama dengan perusahaan dalam negeri. Salah satunya adalah kerja sama dengan PT PLN (Persero) dalam distribusi batu bara di wilayah Sumatera.

"Karena itu, di tahun ini, Djakarta Lloyd dipercaya pemerintah untuk diusulkan mendapatkan tambahan dana sebesar Rp350 miliar dalam APBN-P 2015," papar dia.

Arham menjelaskan, perseroan rencananya akan memakai dana penyertaan modal negara (PMN) tersebut untuk pengembangan armada dan mengembangkan bisnis yang lebih luas.

"Rencana pengembangan selanjutnya, perusahaan akan memulai transformasi bisnis dari Shipping Line menjadi National Logistics Service Provider," ujar Arham.

Dia menambahkan, perseroan saat ini sedang mempersiapkan diri dengan memperbaiki infrastruktur seperti armada kapal, SDM yang kompeten, dan pengembangan sistem informasi berbasis Information Communication and Technology (ICT).

Sementara untuk ICT, DL bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) dalam membangun platform logistik dan supply chain berbasis cloud. "Oleh karena itu, DL membutuhkan dukungan pemerintah," pungkasnya.
(AHL)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

1 hour Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA