Lima Wilayah di Jawa Barat Rawan Longsor

Roni Kurniawan    •    Jumat, 13 Nov 2015 15:02 WIB
longsor
Lima Wilayah di Jawa Barat Rawan Longsor
Kabid Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Jawa Barar, Dani Hariadi menunjukkan sejumlah wilayah yang termasuk ke dalam kategori sangat tinggi bencana longsor. (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Lima wilayah di Jawa Barat punya risiko tinggi terjadi pergeseran tanah. Fenomena tanah longsor siap mengintai ketika musim hujan tiba.

Berdasar pemetaan Badan Penanggulanganan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, menyebut empat wilayah rawan longsor itu adalah Kabupaten Garut, Tasikmalaya, Bandung Barat, Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi. 

Kepada Metrotvnews.com, Jumat 13 November, Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Jabar Hariadi mengatakan pergerakan tanah di wilayah tersebut cenderung aktif. Terlebih, kontur tanah berupa perbukitan dan tebing.

Pemilik sapaan Dani itu menyebut lima wilayah itu dipantau tiap saat. Apalagi banyak masyarakat bermukim di wilayah tersebut.

"Setiap hari kita terus pantau, baik laporan dari BPBD yang ada di kabupaten/kota maupun tim dari provinsi yang terjun langsung ke lapangan," tutur Dani saat ditemui di kantor BPBD Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung.

Bahkan, BPBD telah menyiapkan langkah antisipasi. Salah satunya menyiapkan jalur evakuasi serta menyediakan alat tanggap bencana di setiap BPBD kabupaten/kota di Jabar.

"Begitu juga dengan penguatan sumber daya manusia, kita sering adakan pelatihan bagaimana cara menghadapi bencana," pungkasnya.


(SAN)