Anies Baswedan Tantang Para Pembuat Film

Anindya Legia Putri    •    Jumat, 13 Nov 2015 15:40 WIB
film indonesia
Anies Baswedan Tantang Para Pembuat Film
Anies Baswedan di malam nominasi FFI 2015. (Foto:MTVN/Anindya Legia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pendidikan Dasar, Menengah dan Kebudayaan Anies Baswedan, menyambut baik gelaran Festival Film Indonesia (FFI) 2015. Terlebih, FFI tahun ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

"Ini pertama kalinya FFI dipegang oleh Kemendikbud. Kita hadir sebagai penyelenggara, ya memang secara UUD kita punya tanggung jawab, dan kita harapkan dapat terus bekerjasama juga dengan Bekraf," ujar Anies.

Dengan adanya FFI 2015, Kemendikbud berharap agar film Indonesia dapat menumbuhkan budaya yang baik serta bisa membuat film yang mendidik.

"Contohnya film tentang ketangguhan atau tentang seorang ibu, tentu film tersebut bisa menjadi inspirasi buat masyarakat Indonesia. Film punya daya tarik, jadi saya harap para film maker bisa membuat film yang mendidik agar dapat dicintai bangsa sendiri," tuturnya.

Kemendikbud juga akan membeli hak tayang film-film menarik dan bagus serta memiliki unsur-unsur pendidikan. Karena film juga bisa berfungsi sebagai patokan pendidikan Indonesia. Terlebih, bangsa Indonesia memiliki jumlah anak sekolah sebanyak 65 juta orang.

"Diharapkan para pelaku film dapat membuat film yang bisa ditonton bagi anak-anak. Ini tantangan perfilman kita. Bukan hanya menjadikan tuan di negeri sendiri, tapi bisa membuat anak-anak mengidolakan film kita," tandas Anies.


(LOV)