Desember, Peletakan Batu Pertama Proyek Sisi Darat Bandara Kertajati

Jaenal Mutakin    •    Jumat, 13 Nov 2015 17:08 WIB
bandara
Desember, Peletakan Batu Pertama Proyek Sisi Darat Bandara Kertajati
Akses menuju Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, melalui Tol Cikapali dan Cisumdawu. (dok_BIJB)

Metrotvnews.com, Bandung: Proyek pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat ditargetkan terlaksana bulan depan. Peletakan batu pertama akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengaku optimis proyek bisa dimulai pada Desember 2015. Sebelumnya, peletakan batu pertama dijadwalkan pada November.

"Kita menyesuaikan agenda Bapak Presiden," kata Iwa setelah mengadakan pertemuan dengan Direktur Utama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Dimas Virda, di Gedung Sate Bandung, Jumat (13/11/2015).

Iwa menuturkan, pihaknya telah melakukan evaluasi. Pembahasan dikhususkan pada pendanaan dan alternatif-alternatif untuk pembangunan sisi darat. Menurutnya, proyek pembangunan mestinya bisa dijalankan.

"Ground breaking bisa dilaksanakan bulan November namun kita undur jadi bulan Desember, karena menyesuaikan jadwal Bapak Presiden," Dimas menimpali.

Dia menuturkan pembangunan Bandara Kertajati terbagi menjadi tiga paket. Paket pertama, berupa aksesibilitas proyek dimenangkan PT Adhi Karya. Sedangkan paket kedua, yakni bagian Terminal Utama, sedang dalam proses tender. Sedangkan paket ketiga sisi darat Bandara Kertajati dimenangkan PT Waskita Karya.

"Pembangunan sisi darat akan menghabiskan dana sekitar Rp2,3 triliun, pembangunan paket pertama Rp335 miliar dan paket ketiga Rp416 miliar. Paket kedua nilainya belum ada," kata dia.


(SAN)