Dalam Sepuluh Tahun, 1.738 Orang Solo Idap HIV dan AIDS

Pythag Kurniati    •    Jumat, 13 Nov 2015 17:22 WIB
aids
Dalam Sepuluh Tahun, 1.738 Orang Solo Idap HIV dan AIDS
Siswa sekolah menjelaskan ke pengunjung mal mengenai penyakit HIV/AIDS di Kota Solo, Jumat (13/11/2015). (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Angka pengidap HIV dan AIDS di Kota Solo, Jawa Tengah meningkat dari tahun ke tahun. Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) mencatat sepuluh tahun terakhir ada sekitar 1.738 orang dengan HIV/AIDS (Odha) di Kota Solo dan sekitarnya.

Dalam rangka menanamkan kesadaran terhadap penyakit ini, ratusan siswa-siswi SMK dan SMK mendapatkan materi mengenai HIV dan AIDS di salah satu mal. Kegiatan bertajuk ‘Generasi Cinta Sehat, Bebas HIV/AIDS dan NAPZA’ digelar Pemerintah Kota Solo dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51, Jumat 13 November. Pemkot menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Solo dan institusi pendidikan.

“Penting bagi adik-adik kita ini dan juga masyarakat untuk tahu bahwa HIV/AIDS adalah penyakit yang belum ada obatnya. Mereka harus menghindari perilaku yang menjadi pintu masuk penyakit ini,” ungkap dokter Nanang yang mengampu kegiatan itu.

Salah seorang siswi SMKN 3 Solo, Sri Ratu, 16, mengatakan melalui kegiatan ini, dirinya menjadi lebih tahu bagaimana penularan HIV/AIDS. “Penularan hanya bisa melalui tiga hal yakni darah, cairan kelamin dan ASI," katanya.

HIV dan AIDS, kata dia, tidak menular melalui keringat, jabat tangan dan lain sebagainya. "Jadi jangan jauhi pengidapnya, tapi jauhi perilaku buruk seperti seks bebas dan narkoba,” pungkas dia.


(SAN)