Bentuk Satgas Banjir, Kapolda Akan Temui Ahok

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 13 Nov 2015 17:27 WIB
banjir jakarta
Bentuk Satgas Banjir, Kapolda Akan Temui Ahok
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian--Metrotvnews.com/LB Ciputri Hutabarat

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnivian akan menemui Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama dalam waktu dekat. Pertemuan untuk menyampaikan langkah Polda Metro dalam mengantisipasi banjir di DKI. Salah satunya dengan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Banjir.

"Saya sudah minta waktu kepada pak Gubernur (Basuki Tjahaja Purnama), untuk menyampaikan langkah-langkah bersama kita ini supaya ada kesamaan visi," kata Tito di Mapolda Metro, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (13/11/2015).

Tito juga telah memerintahkan Kapolres di lima wilayah Jakarta berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) wilayah masing-masing dalam mengatasi banjir. "Saya sudah minta Kapolres melaporkan kepada Wali Kota masing-masing," tukas dia.

Jika semua kesamaan visi dalam penanganan banjir di Jakarta tercapai, Polda segera menyiapkan antisipasi banjir. "Itu yang menjadi langkah-langkah kita," pungkas dia.

Polda Metro Jaya akan mengambil alih penanganan di beberapa lokasi rawan banjir. Polda Metro segera membentuk Satgas Banjir.

Kapolda Metro berjanji berkoordinasi dengan pemprov untuk memetakan titik rawan banjir di Ibu Kota. Polda Metro, kata dia, hanya akan turun tangan mengantisipasi banjir di wilayah yang berpotensi memiliki dampak yang besar.

"Untuk yang besar-besar akan ditangani Polda. Misalnya dari Pemda (bilang yang besar) di Kelapa Gading, Slipi, dan Grogol. Maka itu Satgas yang menanangi Polda karena dampaknya besar," kata Tito di Mapolda Metro, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (13/11/2015).

Untuk mengantisipasi banjir yang memiliki dampak kecil, Jenderal bintang dua ini telah memerintahkan Kapolres di seluruh wilayah Jakarta untuk membentuk Satgas banjir. Mereka nantinya akan berkoordinasi dengan sejumlah stakholder terkait.

"Saya sebetulnya berharap betul dari teman-teman Pemda, Badan Penangguan Bencana Daerah bisa segera menyambut langkah-langkah ini dengan cepat. Supaya satgas tersebut cepat terbentuk," tutur dia.


(YDH)

Rapat Pleno Penentuan Nasib Novanto Digelar Tertutup

Rapat Pleno Penentuan Nasib Novanto Digelar Tertutup

35 minutes Ago

DPP Partai Golkar tengah menggelar rapat pleno dengan agenda konsolidasi internal pasca-kasus y…

BERITA LAINNYA