Belgia Perketat Pemeriksaan Keamanan di Perbatasan Pascaserangan di Paris

Meilikhah    •    Sabtu, 14 Nov 2015 10:15 WIB
prancis diserang
Belgia Perketat Pemeriksaan Keamanan di Perbatasan Pascaserangan di Paris
Pasukan keamanan Prancis melakukan penjagaan (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Belgia: Pihak berwenang Belgia telah meningkatkan pemeriksaan keamanan di wilayah perbatasan menyusul serangan brutal di Paris, Prancis, pada Jumat (13/11/2015) malam waktu setempat yang menewaskan sekitar seratusan orang.

Pihak berwenang juga mendesak peningkatan kewaspadaan untuk acara-acara besar yang digelar di Belgia selama akhir pekan.

"Pemeriksaan keamanan di perbatasan telah ditingkatkan dan sudah bekerjasama dengan otoritas Prancis," ungkap Pusat Evaluasi Ancaman Belgia (OCAM) seperti dilansir AFP, Sabtu (14/11/2015).

Meski status keamanan belum dinaikkan ke tingkat peringatan teror lantaran tak memiliki efek langsung di Belgia, OCAM tetap menegaskan perlu adanya peningkatan kewaspadaan untuk acara-acara besar.

"Sebagai tindakan pencegahan, layanan kepolisian diminta untuk meningkatkan pengamanan terutama untuk acara besar di akhir pekan dan event pertandingan sepak bola pada Selasa pekan depan," jelas OCAM.

Perdana Menteri Belgia, Charles Michel, menyatakan belasungkawa kepada para korban serangan Prancis melalui akun Twitternya.

"Saya terkejut dengan insiden ini, terutama bahwa Belgia adalah negara  tetangga Prancis. Kami harus memperkuat upaya kami melawan terorisme," cuit Michel.


(MEL)