Telkomsel Luncurkan Jaringan 4G di Yogyakarta

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 14 Nov 2015 13:38 WIB
telkomsel
Telkomsel Luncurkan Jaringan 4G di Yogyakarta
Acara pengenalan jaringan 4G LTE Telkomsel di Yogyakarta, (14/11/2015). MTVN/LAVI

Metrotvnews.com, Yogtakarta: Yogyakarta terpilih sebagai kota kesepuluh bagi Telkomsel untuk menyediakan jaringan internet 4G.

Berlokasi di Bale Raos, pada hari ini, Sabtu (14/11/2015), Telkomsel secara resmi meluncurkan jaringan 4G di Yogyakarta. Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel menyebutkan, salah satu alasan Telkomsel memilih Yogyakarta adalah karena kota ini memiliki potensi kreativitas yang tinggi.

Selain itu, di Yogyakarta, telah terjadi peningkatan penggunaan layanan data yang cukup besar. Di kuartal tiga 2015, terjadi peningkatan sebesar 160 persen jika dibandingkan dengan kuartal 3 tahun lalu.

"Yogyakarta memiliki banyak pelajar dan juga pengembang yang kreatif. Kami ingin mendukung mereka dengan cara menyediakan infrastruktur yang memadai, seperti layanan 4G," kata Ririek. "Dengan adanya 4G, kami harap industri digital Yogyakarta dapat semakin berkembang dan dibawa ke tingkat nasional atau bahkan tingkat internasional."

Sayangnya, Telkomsel belum dapat menyediakan layanan 4G secara merata di Yogyakarta. Saat ini, Telkomsel baru dapat menyediakan layanan 4G di daerah yang dianggap strategis seperti daerah padat pemukiman, daerah wisata, dan daerah kampus.

Beberapa daerah yang sudah dapat mengakses internet 4G adalah Malioboro, Keraton, bandara, jalan-jalan protokol dan pusat perbelanjaan. Sementara beberapa kampus yang sudah mendapat akses internet 4G dari Telkomsel adalah UGM, UNY, UIN, UPN, dan UKDW.

Ririek mengakui, saat ini, Telkomsel baru dapat memberikan akses 4G ke 50 persen penduduk Yogyakarta. Meskipun begitu, Telkomsel berencana untuk terus memperluas daerah yang dapat mereka jangkau di Yogyakarta. Di tahun depan, mereka berharap sudah akan dapat menjangkau 90 persen penduduk Yogyakarta.


(MMI)