Orang yang Tinggal Sendiri Miliki Pola Makan Buruk

   •    Sabtu, 14 Nov 2015 13:47 WIB
kesehatan
Orang yang Tinggal Sendiri Miliki Pola Makan Buruk
Pola makan buruk bagi orang yang tinggal sendiri. (foto:timigustafson.com)

Metrotvnews.com, Australia: Tinggal sendirian menurut penelitian teranyar Australia Queensland University of Technology, cenderung memiliki pola makan yang buruk. Penelitian ini telah menganalisis empat studi sebelumnya untuk mengungkap tinggal sendiri dengan makanan yang bergizi.

Mereka menarik kesimpulan, orang yang hidup sendiri lebih rendah memiliki keragaman makanan. Bahkan, orang tinggal sendirian jarang makan buah dan sayuran yang merupakan cara terpenting untuk melindungi tubuh dari penyakit.

Selain itu, para peneliti juga menemukan, orang yang tinggal sendiri mayoritas tidak terampil memasak dengan alasan belanja bahan makanan untuk dikonsumsi sendiri lebih mahal daripada membeli makanan yang sudah matang.

"Hasil penelitian kami menemukan, hidup sendiri mungkin merupakan penghalang untuk asupan makan sehan dan kurangnya motavasi untuk memasak," ujar Katherine Hanna, salah satu penulis penelitian.

Kurangnya dukungan atau dorongan untuk menyantap makanan sehat serta kesulitan mengelola porsi makan juga menjadi faktor seseorang yang hidup sendirian lebih gemuk, lanjut Katherine.

Penelitian sebelumnya menyoroti bahwa menyantap makanan rumahan telah dikaitkan dengan rendahnya risiko diabetes, penyakit jantung dan obesitas.

Katherine juga mencatat, pada tahun 2010, 23 persen masyarakat Australia kebanyakan memilih tinggal sendiri. Tren yang serupa dialami Amerika Serikat, di mana 27 persen populasinya memutuskan hidup sendirian. (Sumarni/ Huffingtonpost)


(LOV)