Aktivitas Vulkanik Gunung Bromo Dipantau Per Hari

Amaluddin    •    Sabtu, 14 Nov 2015 14:30 WIB
gunung meletus
Aktivitas Vulkanik Gunung Bromo Dipantau Per Hari
Asap putih dan belerang keluar dari kawah Gunung Bromo di Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (13/11). Foto: Antara/Umarul Faruq

Metrotvnews.com, Surabaya: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur akan memantau rutin aktivitas Gunung Bromo yang belakangan ini aktivitasnya semakin meningkat. BPBD Jateng juga sedang menyusun rencana kontigensi jika Gunung Bromo mengalami erupsi.

Kepala BPBD Jatim, Sudharmawan, mengatakan rencana kontigensi ini disusun untuk mengantisipasi kejadian tak terduga berkaitan dengan aktivitas Gunung Bromo yang sudah berstatus waspada level II itu.

"Informasi harian perkembangan Gunung Bromo terus kami lakukan," kata Dharmawan, saat dihubungi di Surabaya, Sabtu (14/11/2015). BPBD Jatim menerjunkan petugas dari pusat pengendalian operasional (Pusdalops) BPBD di kawasan Gunung Bromo. "Jadi, kami terus bisa update informasinya." 

Perkembangan vulkanologi juga terus diinformasikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM. "Dengan demikian, seluruh kemungkinan akibat aktivitas vulkanik bisa segera diantisipasi," katanya.

Aktivitas Gunung Bromo sudah dipantau sejak Oktober. Saat itu, seiring penetapan status waspada, BPBD juga sudah menutup akses ke kawah Gunung Bromo.

Aktivitas vulkanik Gunung Bromo terpantau meningkat setelah terjadi gempa pada, Jumat, 6 November, dini hari pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB. Gempa tremor tersebut terpantau 0,5-7 milimeter dengan dominan tremor 4 milimeter. Data PVMBG menyebutkan tiga dari tujuh gunung api di Jawa Timur sampai sekarang masih berstatus waspada level II.

Tiga gunung tersebut antara lain Gunung Raung yang statusnya meningkat sejak 24 Agustus; Gunung Bromo yang telah mengalami peningkatan status sejak 23 Oktober; dan Gunung Semeru yang lebih dulu mengalami peningkatan status waspada pada Mei 2013.


(UWA)

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

3 hours Ago

Setyo menduga vertigo yang diderita Novanto berasal dari penyakit sinusitisnya.

BERITA LAINNYA