Menkopolhukam Berharap Konflik Partai tak Ganggu Pilkada

Antara    •    Sabtu, 14 Nov 2015 18:43 WIB
pilkada serentak
Menkopolhukam Berharap Konflik Partai tak Ganggu Pilkada
Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkoplhukam) Luhut Binsar Panjaitan berharap konflik internal partai politik tak menghambat pelaksanaan pilkada serentak bulan depan. Hingga saat ini PPP dan Partai Golkar masih dihadapkan konflik tak berujung.

"Diharapkan pertikaian di kubu internal partai politik tak sampai mengganggu jalannya pilkada serentak Desember mendatang," kata Luhut di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (14/11/2015).

Tapi, Luhut mengaku tak terlalu khawatir karena sudah menerima komitmen dua parpol bersengketa untuk tak gaduh demi kelancaran pilkada. Tak hanya PPP dan Partai Golkar, seluruh parpol peserta pilkada ikut berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pilkada berlangsung. Aspek keamanan pun dipastikan siap hingga pilkada berakhir.

"Sampai sekarang tidak ada laporan negatif terkait kondisi keamanan di seluruh daerah penyelenggara Pilkada serentak. Dan, semestinya memang seperti itu karena semua prosedur telah dilakukan," tambah dia.

Purnawirawan Jenderal TNI ini juga menerima laporan penyelenggara Pemilu di tingkat pusat memberi perhatian lebih terhadap tiga wilayah yang pesertanya hanya satu pasangan. Tiga wilayah, yakni Blitar, Tasikmalaya dan Timor Tengah Utara hingga perpanjangan pendaftaran tetap tak memiliki calon pasangan tambahan.

Luhut juga meminta kepastian seluruh aparatur sipil negara (ASN) bertindak netral. Apalagi, sudah ada Satgas yang bertugas khusus mengawasi netralitas ASN sesuai SKB Mendagri dan Menpan-RB.

"Tentu aturannya pasti ada sanksi bagi yang tidak netral," ujar Luhut.


(OJE)