Keadaan Darurat, Prancis Nyatakan Tiga Hari Berkabung

Ilham wibowo    •    Sabtu, 14 Nov 2015 19:54 WIB
prancis diserang
Keadaan Darurat, Prancis Nyatakan Tiga Hari Berkabung
Kedubes Prancis di Indonesia/Metrotvnews.com/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Duta Besar Prancis untuk Indonesia Corinne De Breuze menyampaikan, negaranya kini dalam keadaan darurat. Tiga hari ke depan menjadi hari berkabung bagi negara ini.

"Menteri konselor di Prancis dan Presiden Prancis tadi malam telah mengadakan pertemuan. Keadaan darurat telah dinyatakan di Prancis," kata Corinne di kantor Kedutaan Besar Perancis, Jalan Thamrin Nomor 20, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2015).

Menurut dia, presiden Prancis François Hollande telah memerintahkan menutup akses perbatasan menuju negaranya. "Presiden meminta semua untuk melakukan kontrol terhadap perbatasan, dan sekarang kontrol perbatasan akan dilakukan secara sistematis," ucapnya.

Presiden Prancis juga menyatakan tiga hari berkabung nasional. "Itu sebabnya Institute Prancis kami dan Aliansi Français sekolah akan ditutup selama 3 hari berikutnya," ucapnya.

Lebih lanjut, Dubes Prancis mengatakan, pihaknya mempunyai unit khusus dalam penanggulangan korban terkait aksi teror ini. "Kami akan terbuka untuk semua orang dan nomor untuk bisa dihubungi (publik)," tambahnya.

Corinne juga menyampaikan ucapan terima kasih untuk pesan belasungkawa dan simpati Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Kami terima kasih banyak untuk semua pesan belasungkawa dan simpati dari Presiden Joko Widodo dan dari banyak menteri termasuk Menteri Luar Negeri," ucap Dubes Perancis.

Corinne menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Indonesia atas kepedulian dan rasa empati yang disampaikan melalui berbagai media.

"Dan kami menerima dukungan khusus dari Polisi di Indonesia. Seperti yang Anda lihat di depan Kedutaan Besar dan Institut Français di Jakarta dan Bali, kami mendapat bala bantuan khusus dari Kepolisian Nasional Indonesia dan kami berterima kasih kepada polisi untuk itu," kata dia.


(OJE)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

3 hours Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA