Playoff Piala Eropa 2016

Bekap Slovenia, Ukraina Buka Peluang Lolos ke Piala Eropa

Achmad Firdaus    •    Minggu, 15 Nov 2015 02:36 WIB
piala eropa 2016
Bekap Slovenia, Ukraina Buka Peluang Lolos ke Piala Eropa
Para pemain Ukraina memberikan aplaus kepada pendukungnya usai mengalahkan Slovenia 2-0 pada leg pertama Playoff Piala Eropa 2016 (Foto: AP Photo/Efrem Lukatsky)

Metrotvnews.com, Lviv: Ukraina memetik hasil positif pada leg pertama babak playoff Piala Eropa 2016. Kemenangan 2-0 atas Slovenia membuka jalan Ukraina untuk tampil pada putaran final tahun depan.

Menjamu Slovenia di Lviv Arena, Minggu 15 November dini hari WIB, Ukraina tampil dominan. Duet Andriy Yarmolenko dan Yevhen Seleznyov di lini depan kerap merepotkan barisan pertahanan Slovenia yang digalang bek Chievo, Bostjan Cesar.

Gempuran yang dilancarkan anak-anak asuh Mikhail Formenko akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-22. Yarmolenko mendemonstrasikan kemampuannya mengolah bola dengan mengecoh dua bek Slovenia sebelum melepaskan sepakan yang meluncur deras ke gawang, tanpa bisa dihentikan kiper Inter Milan, Samir Handanovic.

Tersengat gol Ukraina, Slovenia coba membalas lewat aksi Milivoje Novakovic. Sayang, aksinya masih bisa dihentikan kiper Ukraina, Andriy Pyatov. Skor 1-0 untuk keunggulan Ukraina bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Ukraina yang belum puas dengan keunggulan satu gol, kembali berinisiatif melancarkan serangan. Hasilnya, mereka sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-54.

Kali ini, giliran Seleznyov yang mencatatkan namanya di papan skor. Sedikit berbau offside, sambaran Seleznyov di tiang jauh saat menyambut umpan Artem Fedetskiy, gagal dibendung Handanovic.

Usai unggul dua gol, Ukraina yang unggul penguasaan bola sebesar 55 persen, masih berupaya menambah gol. Sayangnya, mereka tidak mampu menambah gol, meski sukses mencatatkan 15 tembakan ke arah gawang Handanovic. Skor 2-0 untuk keunggulan Ukraina menjadi akhir laga.

Dengan kemenangan ini, Ukraina hanya butuh hasil imbang atau kalah dengan selisih tidak lebih dari dua gol saat gantian bertandang ke markas Slovenia pada leg kedua, tiga hari berselang atau 18 November 2015 dini hari WIB.

Susunan Pemain:
Ukraina:
Pyatov, Khacheridi, Shevchuk, Fedetskiy, Rakitskiy, Konoplyanka, Sydorchuk, Rybalka, Garmash, Yarmolenko, Seleznyov

Slovenia: Handanovic, Brecko, Cesar, B. Ilic, Jokic, Kurtic, Birsa, Kampl, Krhin, Ilicic, Novakovic.



(ACF)