Bantu Investigasi Serangan Teror, FBI Terbang ke Paris

Willy Haryono    •    Minggu, 15 Nov 2015 09:39 WIB
prancis diserang
Bantu Investigasi Serangan Teror, FBI Terbang ke Paris
Logo FBI. (Foto: AFP/Mandel Ngan)

Metrotvnews.com, Washington: Biro Investigasi Federal Amerika Serikat atau FBI mengirim agen ke Paris untuk membantu investigasi serangkaian serangan teror yang terjadi di Prancis pada Jumat kemarin. 

Seperti dikutip The New York Times, Sabtu (14/11/2015), sekelompok agen yang dikirim adalah ahli di bidang pengumpulan informasi, terutama dari alat elektronik seperti telepon genggam dan komputer. 

Selain membantu investigasi, FBI juga ingin memastikan ada agennya di Paris untuk mengantisipasi datangnya gelombang informasi dari otoritas Prancis dalam beberapa hari ke depan. 

FBI juga ingin langsung menyampaikan informasi yang didapat di Paris ke AS, untuk kemudian diperiksa apakah ada kaitannya dengan masalah keamanan nasional Negeri Paman Sam. FBI sempat menggunakan program komputer khusus untuk menentukan apakah ada koneksi di media sosial antara pelaku penyerangan dengan warga AS. Hasil penyelidikan ini belum diketahui. 

Sedikitnya 129 orang tewas dan 352 lainnya terluka dalam serangkaian serangan yang dilancarkan kelompok militan Islamic State (ISIS) di Paris pada Jumat. Serangan paling mematikan terjadi di teater Bataclan, yang menelan lebih dari 100 korban jiwa.

Presiden Francois Hollande menegaskan perjuangan Prancis melawan terorisme terus berjalan, dan ia bersumpah akan menghabisi ISIS tanpa ampun. 

Dalam video di dunia maya, ISIS menyebut serangan di Paris merupakan respon dari operasi militer Prancis di Suriah.


(WIL)