Harga Minyak Asia Naik Tipis Usai Serangan di Prancis

Ade Hapsari Lestarini    •    Senin, 16 Nov 2015 10:31 WIB
minyak mentah
Harga Minyak Asia Naik Tipis Usai Serangan di Prancis
Ilustrasi minyak mentah. (FOTO: Reuters/Mike Stone)

Metrotvnews.com, Singapura: Harga minyak mentah berjangka naik tipis pada awal perdagangan Senin menyusul serangan mematikan di Paris. Namun demikian, harga minyak mendekati ke posisi terendah sejak Agustus dan komoditas lainnya diperkirakan akan terus di bawah tekanan.

Reuters melansir, Senin, 16 November, harga minyak mentah berjangka AS CLc1 untuk bulan depan diperdagangkan di USD40,91 per barel, naik 17 sen dari penutupan terakhirnya.

Sementara harga minyak internasional, Brent, LCOc1, diperdagangkan berada di USD44,66 per barel atau naik 19 sen. Kedua harga patokan minyak mentah, telah kehilangan delapan persen pekan lalu, melihat tingginya tingkat aktivitas pada awal perdagangan karena para pedagang komoditas tampak gugup setelah serangan mematikan di Paris pada Jumat kemarin.

"Pertanyaan besar adalah, ada begitu banyak ketidakpastian dengan masalah keamanan jika perbatasan di Eropa mulai ditutup, apa dampak ekonominya? Itu mungkin akan menjadi faktor yang sangat merusak," kata analis di UBS Wealth manajemen di Hong Kong, Dominic Schnider.

Bank ANZ memprediksikan bahwa harga minyak akan tetap berada di bawah tekanan dari fundamental produksi minyak yang tetap tinggi meskipun terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi global.

"Anehnya, pengebor AS menempatkan rig kembali bekerja di ladang minyak setelah lebih dari dua bulan. Baker Hughes melaporkan jumlah rig minyak AS yang diperoleh dari 2 ke 574," lapor ANZ Bank.

Sekadar informasi, harga minyak telah turun lebih dari 60 persen sejak Juni tahun lalu karena produksi tinggi bertepatan dengan perlambatan ekonomi di Asia, terutama di Tiongkok serta Jepang yang tergelincir kembali ke dalam resesi pada kuartal ketiga.


(AHL)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA