Warga Paris Panik Dengar Suara Petasan

Willy Haryono    •    Senin, 16 Nov 2015 10:53 WIB
prancis diserang
Warga Paris Panik Dengar Suara Petasan
Warga Paris berkumpul di Place de la Republique, Prancis, Minggu (15/11/2015). (Foto: AFP/JOEL SAGET)

Metrotvnews.com, Paris: Suara petasan dan bola lampu yang meledak memicu kepanikan di beberapa lokasi di Paris, Prancis, Minggu (15/11/2015). Warga pun berlarian karena mengira suara berasal dari senjata api. 

Sebagian warga Paris masih trauma atas serangkaian serangan teror pada Jumat, yang menewaskan 132 orang dan melukai 349 lainnya. 

"Kami sedang bernyanyi bersama sekelompok pemuda. Tiba-tiba orang-orang berlarian, jadi kami ikut berlari," kata seorang perempuan bernama Laurine. 

Bersama ratusan orang lainnya, Laurine datang ke Place de la Republique di Paris untuk meletakkan karangan bunga dan lilin untuk mengenang korban tewas serangan teror. 

Seorang pemuda mengaku mendengar suara mirip ledakan dan mulai berlari. Namun, polisi mengatakan kepada AFP suara itu berasal dari petasan. 

Beberapa blok dari sana, kejadian serupa memicu kepanikan. Sebuah bola lampu meledak di rumah seseorang, yang kemudian membuat pejalan kaki di sekitarnya melarikan diri. Mengira ada serangan baru, mereka mengingatkan teman-temannya via media sosial. 

Kepanikan menyebar ke area di dekat sebuah kafe yang menjadi salah satu lokasi serangan teroris, "Le Carillon." Orang-orang panik dan berlarian, bahkan ada yang melompat ke saluran air Ourcq, kata seorang petugas keamanan. 

Wali Kota di wilayah tersebut, Christophe Girard, yang sedang menghadiri misa mengenang korban serangan teroris di gereja Note-Dame, mengaku menerima pesan singkat yang menyebut adanya "tembakan senjata di dekat balai kota."

Ia kemudian meninggalkan gereja dan "menenangkan warga sekitar" bahwa tidak ada serangan baru.

Kelompok militan Islamic State (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangkaian serangan teror di Paris. ISIS menyebut serangan itu adalah balasan atas aksi Prancis di Suriah.


(WIL)