Anggota Komisi III Dukung Sudirman Lapor ke MKD

Githa Farahdina    •    Senin, 16 Nov 2015 13:19 WIB
pencatut nama presiden
Anggota Komisi III Dukung Sudirman Lapor ke MKD
Arsul Sani. Foto: Reno Esnir/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said memutuskan mendatangi Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) untuk melaporkan legislator yang mencatut nama Presiden dan Wakil Presiden terkait PT Freeport Indonesia. Langkah itu didukung anggota Komisi III Arsul Sani. 

Menurut Arsul, Sudirman lebih baik bicara pada MKD ketimbang melempar isu liar ke publik. "Dari pada isunya menggelinding di media tanpa ada proses membuktikan apa benar, apa tidak?" kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/11/2015).

Setidaknya, melalui MKD, akan ada proses pembuktian. Siapa pun yang menjadi terlapor disarankan taat pada kewenangan MKD.

"Yang paling penting MKD bisa berikan hak siapa pun untuk membela diri," tambahnya.

Sudirman sudah bertemu terkait kasus ini. Dalam pertemuan, ia mengaku, menjelaskan nama, waktu, dan tempat kejadian. Ia juga menjelaskan pokok pembicaraan yang dilakukan salah satu anggota DPR dengan Pimpinan PT Freeport Indonesia.

MKD diminta menindaklanjuti melalui proses institusional dan konstitusional. Diberitakan sebelumnya, Sudirman Said mengungkapkan seorang anggota DPR meminta 49 saham proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Urumuka, Timika. Anggota Dewan tersebut juga meminta PT Freeport berinvestiasi 51 persen.

Oknum anggota DPR yang ia maksud mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Menurut Sudirman, seorang pengusaha juga terlibat dalam aksi itu.


(KRI)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

16 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA