Indonesia Siap Menggelar Kejuaraan Dunia Arung Jeram

Kautsar Halim    •    Senin, 16 Nov 2015 13:40 WIB
Indonesia Siap Menggelar Kejuaraan Dunia Arung Jeram
Timnas arung jeram Indonesia. (dok: istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia siap menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Arung Jeram (World Rafting Championship/WRC) 2015. Event bergengsi ini akan berlangsung di Sungai Citarik, Desa Cijambe, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada 29 November hingga 8 Desember.

Sekitar 650 rafter putra dan putri yang berasal dari 24 negara siap dipertandingkan dalam event dua tahunan ini. Seluruh peserta bakal terbagi dalam 73 regu untuk bertarung di empat kelas yang berbeda, Master (di atas usia 40 tahun), Terbuka (untuk semua kelas), Youth/Remaja, di bawah usia 19 tahun (Under-19) dan Junior (U-23). Setiap negara hanya boleh menurunkan satu regu (6 pedayung dengan satu orang pedayung cadangan) putra dan putri di setiap kelas.

Indonesia dipastikan menurunkan 49 rafter dalam event ini. Kesemuanya yang terbagi dalam 7 regu bakal mengikuti pertandingan di semua kelas, kecuali Master Putri.

Sementara itu, nomor yang diikuti tim Indonesia adalah Sprint (adu cepat sepanjang 300 meter), H2H/Head To Head (adu cepat satu regu lawan satu regu dalam kompetisi sistim gugur), Down River (adu cepat sepanjang 8-12 km) dan Slalom (adu cepat melewati beberapa tiang, mengikuti arus maupun melawan arus).

Seiring turunnya hujan selama seminggu terakhir ini, ketinggian air Sungai Citarik sudah mencapai 80 cm. Kondisi tersebut merupakan  isyarat jalannya lomba bisa berlangsung dengan baik. (RO)

 
(KAU)