Obama Sebut Ide Preferensi Agama untuk Pengungsi Memalukan

Dheri Agriesta    •    Selasa, 17 Nov 2015 02:55 WIB
prancis diserang
Obama Sebut Ide Preferensi Agama untuk Pengungsi Memalukan
Presiden Barack Obama saat memberikan keterangan di sela acara KTT G20 di Turki. AP/Susan Walsh.

Metrotvnews.com, Antalya: Presiden Amerika Serikat Barack Obama meradang mendengar ide preferensi agama terhadap pengungsi yang dikeluarkan calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik Jeb Bush. Obama menyebut ide Jeb Bush sangat memalukan.

Jeb Bush mengeluarkan pernyataan akan memberikan perlakuan khusus terhadap pengungsi asal Suriah yang beragama Kristen. Hal ini diungkapkan setelah serangan yang terjadi di Paris yang menewaskan 132 orang. 

Dalam konferensi pers di Turki selepas Konferensi Tingkat Tinggi G20, Obama tidak menyinggung Bush secara langsung. Tapi, ia mengatakan, tak berpikir untuk melakukan tes agama terhadap pengungsi yang akan diterima masuk ke Amerika Serikat.

"Saat saya mendengar seseorang mengatakan, 'Mungkin kita hanya menerima umat Kristen, bukan muslim'. Saat saya mendengar saran untuk melakukan tes agama terhadap orang-orang yang terbang dari negara yang tengah berkonflik, Padahal mereka sendiri merupakan orang yang mendapatkan keuntungan saat mereka mendapatkan keuntungan saat melarikan diri dari penganiayaan politik. Ini sangat memalukan," kata Obama.

Obama mengatakan, seharusnya politikus dari Partai Republik mencontoh mantan Presiden Amerika George W Bush. George Bush tak pernah memerangi terorisme berdasarkan agamanya.

"Kami tak akan melakukan tes agama. Dan saat ini penting, terutama bagi mereka yang ada dalam kepemimpinan dan mempunyai kemampuan untuk didengar agar tak jatuh dalam perangkap, jangan sampai memberikan dorongan buruk terhadap diri kita," kata Obama.

Dalam wawancara dengan NBC, Jeb Bush mengatakan, harus ada pengawasan ketat terhadap pengungsi yang masuk ke AS. Dan harus ada fokus untuk menciptakan tempat yang aman untuk pengungsi di Suriah.

"Tapi saya berpikir, seharusnya ada tindakan khusus untuk menjamin umat Kristen di Suriah mendapatkan perlindungan, karena mereka dibantai di negara mereka. Siapa yang akan merawat umat Kristen yang saat ini terlantar?" kata dia.


(DRI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA