Play-off Piala Eropa 2016

Bungkam Bosnia, Irlandia Raih Tiket ke Piala Eropa 2016

Hilman Haris    •    Selasa, 17 Nov 2015 04:58 WIB
kualifikasi piala eropa 2016
Bungkam Bosnia, Irlandia Raih Tiket ke Piala Eropa 2016
Walters selebrasi usai mencetak gol ke gawang Bosnia (PAUL FAITH / AFP)

Metrotvnews.com, Dublin: Republik Irlandia meraih tiket ke Piala Eropa 2016 usai menang atas Bosnia Herzegovina dengan skor 2-0 pada leg kedua play-off di Stadion Aviva, Selasa 17 November. Irlandia memastikan diri lolos ke turnamen antarnegara Eropa itu usai menang dengan agregat 3-1.

Irlandia pantas berterima kasih kepada striker Jonathan Walters. Berkat dua golnya ke gawang Bosnia Herzegovina yang masing-masing diciptakan pada menit ke-24 dan ke-70, Irlandia berhasil meraih kemenangan serta meraih tiket ke Piala Eropa 2016 tanpa harus melewati perpanjangan waktu atau adu penalti.

Skuat asuhan Martin O'Neill tersebut pantas menang dan lolos ke Piala Eropa tahun depan. Pasalnya tuan rumah tampil lebih baik dan mampu meredam serangan Edin Dzeko dkk sepanjang laga. Total, empat tembakan dibuat para pemain Irlandia pada laga ini. Uniknya, dua sepakan yang tepat sasaran berbuah gol. 

Statistik bagus seperti itu tidak mampu ditiru oleh tim tamu. Bahkan, tak ada sepakan ke arah gawang yang diciptakan Bosnia Herzegovina sepanjang 90 menit pertandingan. Alih-alih mencetak gol, para pemain Bosnia Herzegovina lebih sering mengasari pemain-pemain lawan. Tak heran jika akhirnya skuat asuhan Mehmed Bazdarevic tersebut menerima empat kartu kuning dari wasit.

Dua dari empat kartu kuning Bosnia Herzegovina tercipta pada  injury time babak kedua. Mungkin karena frustrasi tak mampu mencetak gol dan bayang-bayang kegagalan ke Piala Eropa 2016 sudah di depan mata, Milan Djuric dan Dzeko melakukan tackle keras yang berujung kartu kuning dari korps pengadil di lapangan.

Momen itu menjadi penutup leg kedua play-off antara Republik Irlandia kontra Bosnia Herzegovina. Berkat kemenangan 2-0, Irlandia memastikan diri melaju ke Piala Eropa tahun depan di Prancis. 


(HIL)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 hour Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA