Pemkab Brebes Suntik Rp2,6 Miliar ke Empat BUMD

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 17 Nov 2015 09:45 WIB
anggaran
Pemkab Brebes Suntik Rp2,6 Miliar ke Empat BUMD
Bupati Brebes menyerahkan dana hibah. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Brebes: Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, memberikan suntikan modal untuk empat perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan total nilai Rp2,647 miliar.

Anggaran yang berasal dari APBD 2015 itu diberikan pada BUMD di bawah Pemkab Brebes dan Pemprov Jateng. Antara lain, Bank Jateng Cabang Brebes sebesar Rp1.147.000.000, dan PDAM Brebes sebesar Rp1.000.000.000.

Sementara, untuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Puspa Kencana, Badan Kredit Kecamatan (BKK), yang merupakan perusda sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Brebes mendapatkan lebih kecil, yakni masing-masing Rp250.000.000.

Bantuan tambahan modal itu diberikan langsung Bupati Brebes Idza Priyanti kepada masing-masing perwakilan perusahaan.

Dalam sambutanya, Idza mengatakan bahwa bantuan tambahan modal usaha itu, untuk meningkatkan pelayanan publik BUMD tersebut. Dirinya tidak menyinggung sejumlah perusda lain yang tidak mendapat modal tambahan dari APBD tahun ini.

Kegiatan tersebut juga disisipi sosialiasi pemberian dana hibah dan bansos yang diikuti puluhan pengurus dari organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, lembaga swadaya masyarakat.
 
Terkait hal ini, Idza menjelaskan, semua penerima dana hibah dan bansos yang bersumber dari APBD maupun APBN harus berbadan hukum. Sehingga tidak semua orang atau oganisasi bisa mendapatkan dana hibah dan bansos tersebut sebelum memenuhi persyaratannya.

“Semua penerima dana hibah dan bansos yang bersumber dari APBD maupun APBN harus berbadan hukum. Dana hibah juga harus digunakan sebaik-baiknya untuk keejahteraan masyarakat,” kata Idza, di Pendopo Brebes, Senin (16/11/2015).


(SAN)