Di Madura, Petani juga Nyabu

Agus Josiandi    •    Selasa, 17 Nov 2015 10:13 WIB
sabu
Di Madura, Petani juga <i>Nyabu</i>
Tersangka pengguna sabu saat diperiksa Polres Sampang. (Metrotvnews.com/Agus Josiandi)

Metrotvnews.com, Sampang: Barang haram narkoba rupanya kini tak lagi menjadi konsumsi kalangan menengah-atas saja. Di Sampang, Madura, Jawa Timur, ada petani yang menjadi konsumen sabu-sabu.

Hosnan, 27, warga Dusun Seneng Laok, Desa Nepa, Kecamatan Banyuates, Sampang, mengaku telah delapan kali mengkonsumsi sabu-sabu. Dia bisa mengkonsumsi karena mendapatkan secara gratis dari rekannya.

Namun, kenikmatan sesat Hosnan harus berakhir ketika petugas menangkapnya saat pesta sabu di sebuah rumah di Desa Banyusokah, Kecamatan Ketapang.

"Sudah delapan kali pakai, tapi saya tidak beli. Hanya ikut saja. Awalnya saya di suruh beli saja sama teman,  lalu diajak," ujarnya saat diperiksa  petugas, Selasa (17/11/2015).

Kapolres Sampang AKBP Budi Mulyanto, mengaku akan terus melakukan pengembangan. Pihaknya akan  melakukan pengejaran terhadap dua teman Hosnan yang berhasil kabur saat penggerebekan. 

"Kita masih kembangkan, namun apabila Hosnan terbukti sebagai pengedar, maka kita akan ungkap jaringannya," ujar Kapolres Sampang.

Hosnan kini mendekam di Mapolres Sampang bersama barang bukti seperangkat alat hisap sabu dan sisa sabu seberat 0,12 gram. Dia akan dijerat pasal 112 ayat 1 sub pasal 127 jo pasal 132 ayat 1 UU No 35/2009 tentang Narkotika. Ancamannya, penjara minimal empat tahun, dan maksimal 12 tahun.


(SAN)