OJK: Penerapan Prinsip GCG Perbaiki Kinerja Perusahaan

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 17 Nov 2015 12:56 WIB
ojk
OJK: Penerapan Prinsip GCG Perbaiki Kinerja Perusahaan
Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad (kanan). (FOTO: ANTARA/SIGID)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad menilai, penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG) bagi sebuah perusahaan akan berdampak langsung pada perbaikan kinerja perusahaan. Di samping, penerapan prunsip GCG juga mendorong budaya positif bagi perusahaan.

"Perusahaan-perusahaan yang menerapkan prinsip governance yang baik. Ini jadi penting tidak hanya terkait persoalan budaya, tapi penerapan governance terkait langsung dengan kinerja perusahaan, dan memperkaya warna," ujarnya di Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (17/11/2015).

Lebih lanjut, Muliaman mengibaratkan jika sebuah perusahaan tidak menjalankan prinsip GCG dengan baik, maka perusahaan tersebut seperti badan yang tidak berjiwa karena hanya berorientasi untuk jangka pendek saja.

"Karena perusahaan yang tanpa governance itu layaknya body without soul. Sehingga semua berorientasi jangka pendek, mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Terabas kiri-kanan," jelas Muliaman.

Untuk itu, dirinya berharap jika penerapan GCG tidak dijadikan sebagai hambatan perusahaan untuk lebih maju. Sebab, perusahaan dengan penerapan prinsip governance yang baik akan membuat perusahaan tersebut lebih memiliki daya tahan dalam menghadapi gejolak dan krisis.

"Kalau ada bank yang bangkrut misalnya, itu bukan karena persaingan. Tapi karena dicuri pemiliknya dan karena masalah governance tidak diterapkan dengan baik. Jadi jangan sampai isu governance jadi kendala kita untuk maju," pungkas dia.


(AHL)