Kejuaraan Dunia Wushu 2015

Juwita Wasni, Remaja Medan yang Sabet Juara Dunia Wushu

Krisna Octavianus    •    Selasa, 17 Nov 2015 13:56 WIB
kejuaraan dunia wushu
Juwita Wasni, Remaja Medan yang Sabet Juara Dunia Wushu

Metrotvnews.com, Jakarta: Masih berusia 19 tahun, tetapi atlet ini sudah berhasil mengharumkan nama Indonesia lewat Kejuaraan Dunia Wushu 2015. Ia adalah Juwita Niza Wasni, sang peraih medali emas nomor Women's Nandao.

Juwita yang awalnya tak menargetkan untuk menjadi juara dunia dalam even tahun ini, secara mengejutkan mampu meraih medali emas. Ia mengalahkan saingannya yang lebih senior, termasuk rekan senegaranya, Ivana Ardelia Irmanto yang meraih medali perak.

Dara kelahiran Medan 16 Agustus 1996 ini tampil menjadi yang terbaik hari ini dalam nomor Women's Nandao. Ia meraih poin tertinggi yakni 9,62 dan mengalahkan 10 saingan lainnya.

"Saya sangat senang ya bisa meraih medali emas hari ini. Awalnya saya memang tak menargetkan meraih medali pada kejuaraan kali ini. Saya cuma main lepas dan memberikan yang terbaik saja," ujar Juwita kepada wartawan di Istora Senayan, Selasa (17/11/2015).

Remaja yang sudah menggeluti Wushu selama tujuh tahun ini mempersembahkan medali emas yang ia raihnya ini untuk bangsa Indonesia dan keluarga tercinta. Prestasi ini juga merupakan medali emas pertamanya di Kejuaraan Dunia.

"Saya persembahkan medali emas ini untuk Indonesia, buat Lao Tse, untuk pelatih saya, orang tua, keluarga, semua pengurus Wushu Indonesia, dan teman-teman saya semua," kata Juwita.

Tambahan satu medali emas dari Juwita membuat Indonesia sudah mengumpulkan 5 emas, 1 perak, dan 3 perunggu dan menempati posisi kedua klasemen sementara. Peringkat satu masih dikuasai oleh Tiongkok yang sejauh ini sudah mengumpulkan 6 emas.


(ACF)