Ilmuwan Inggris Temukan Cairan Pengikat Polusi Karbon

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 17 Nov 2015 15:29 WIB
teknologi
Ilmuwan Inggris Temukan Cairan Pengikat Polusi Karbon
Cairan khusus hasil temuan para ilmuwan tersebut mampu mengikat karbon yang ada di udara

Metrotvnews.com: Sekelompok peneliti asal Inggris menemukan cairan yang mampu mengikat karbon, salah satu zat polutan terbanyak di dunia. Cairan tersebut ditemukan tim peneliti dari School of Chemistry and Chemical Engineering, Queen's University Belfast. Mereka melakukan penelitian gabungan dari beberapa universitas yang ada di Inggris, salah satunya adalah Universitas Liverpool.

Cairan yang baru ditemukan ini mampu melepaskan gas dalam jumlah yang sangat banyak. Gas tersebut merupakan hasil reaksi kimia yang mengakibatkan cairan tersebut memiliki celah pada molekulnya. Celah tersebutlah yang kemudian dapat mengikat karbon yang terdapat di udara sebelum dilepaskan ke atmosfer. Metode ini diklaim mampu mengurangi polusi karbon dengan efektif.

Para peneliti tersebut menghabiskan waktu penelitian selama tiga tahun untuk menemukan cairan ini. Hasil temuan mereka juga diklaim sebagai salah satu metode yang paling efektif dan ramah lingkungan dalam menyelesaikan persoalan polusi karbon dunia.

Para peneliti tersebut kini masih mencari cara untuk mengoptimalkan cairan tersebut yang diperkirakan akan baru selesai beberapa tahun kemudian. (SlashGear)


(ABE)