Komponen Motor Balap

Bridgestone VS Michelin di MotoGP, Bukan Perkara Grip saja

Ahmad Garuda    •    Selasa, 17 Nov 2015 14:46 WIB
ban motor
Bridgestone VS Michelin di MotoGP, Bukan Perkara Grip saja
Marc Marquez mengaku ada yang aneh pada ban Michelin dan juga terjatuh saat melakukan ujicoba. Repsol Honda

Metrotvnews.com: Upaya dan riset gila-gilaan produsen ban balap Bridgestone untuk memberikan kompon terbaik bagi pembalap di MotoGP, terbukti ampuh. Pembalap mengklaim bahwa grip ban dan daya tahannya jadi kunci utama.  

Casey Stoner pertama kali mampu meraih hasil terbaik yaitu titel juara dunia bersama Ducati tahun 2007, juga tak lepas dari pasokan ban terbaik dari Bridgestone. Bahkan saat Valentino Rossi pindah ke pemasok ban asal Jepang itu, Ia juga mampu tampil kompetitif dan akhirnya menekuk Stoner dua tahun berturut.

Namun tahun depan Bridgestone tak lagi jadi pemasok ban di MotoGP dan bakal digantikan oleh Michelin. Banyak pembalap yang mulai mengeluhkan karakter ban depan Michelin yang aneh. Meski karakter grip pada ban belakangnya lebih bagus dari Bridgestone, tapi ini akan sulit.

Tak melulu soal grip, sekarang pakem itu akan jadi pertanyaa. Lantaran grip bagus juga mampu dihadirkan oleh Michelin. "Bukan perkara grip ban. Saat terjatuh di hari pertama tes pasca musim 2015 lalu, grip ban masih sangat bagus. Kami juga belum tahu, tapi dari data telemetry, grip ban depan masih sangat bagus," klaim Marquez.

Menurut pembalap lain, bobot motor ketika melakukan deselerasi dan menikung, sangat penting untuk jadi perhatian. Lantaran saat menggunakan ban Bridgestone, mereka bebas mengeksplorasi performa motor dengan pengalihan bobot ke bagian depan. Namun pakai Michelin cara itu tak akan bekerja dengan baik.

"Mengubah gaya balap adalah salah satu teknik untuk mengakali hal itu. Apalagi tim juga belum melakukan apapun untuk menyesuaikan rangka, geometry dan setup untuk karakter ban Michelin. Dengan cara ini, dari sisi pembalap bisa lebih cepat melakukan adaptasi," beber Maverick Vinales, pembalap tim Ecstar Suzuki MotoGP.

Bahkan salah satu blogger yang terpandang di paddock MotoGP yaitu David Emmet melalui akun twitternya mengatakan bahwa bukan Michelin tak punya masalah di grip ban. Melainkan berapa lama Ia mampu menyajikan grip ban seperti itu. Lantaran ini yang jadi filosofi Bridgestone.

Pihak Michelin sendiri menegaskan bahwa mereka selama musim dingin berlangsung dan off season ini, mereka bakal melakukan riset. Berharap saja semoga hasil riset nantinya menunjukkan hasil positif di sesi tes resmi pra musim MotoGP 2016.


(UDA)