Kejuaraan Dunia Wushu 2015

Jika Wushu Masuk Olimpiade, Indonesia Siap Unjuk Gigi

Krisna Octavianus    •    Selasa, 17 Nov 2015 15:18 WIB
olahraga
Jika Wushu Masuk Olimpiade, Indonesia Siap Unjuk Gigi
Lindswell Kwok, salah satu atlet wushu andalan Indonesia (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Pengurus Pusat Wushu Indonesia, Supandi Kusuma berharap cabang olahraga Wushu Indonesia bisa masuk ke dalam ajang Olimpiade. Hal itu ia katakan di sela-sela berlangsungnya Kejuaraan Dunia Wushu 2015 di Jakarta hari ini, Selasa 17 November.

Cabor Wushu memang belum masuk dalam nomor yang dipertandingkan di ajang multievent seperti Olimpiade. Belakangan, beberapa negara mulai melempar wacana agar olahraga yang berasal dari Tiongkok ini bisa dipertandingkan di Olimpiade.

Terdekat, Olimpiade akan berlangsung tahun depan di Brasil pada Juni 2016. Jika Wushu sampai dipertandingkan, Supandi Kusuma mengaku Wushu Indonesia sudah siap.

"Kita siap kalau cabang olahraga Wushu sampai masuk event Olimpiade. (Prestasi)  kita sudah bisa naik. Kita sudah siap, sangat siap," ujar Supandi kepada wartawan di Istora Senayan.

Jika Wushu sampai masuk Olimpiade, tentu ini akan menguntungkan Indonesia dalam hal perolehan medali. Pasalnya, jika berkaca dari Kejuaraan Dunia Wushu 2015, Indonesia sudah mengumpulkan sembilan medali, di antaranya lima medali emas.



(ACF)