OJK Siapkan Petunjuk Pelaksanaan Pembukaaan Data Perbankan di 2017

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 17 Nov 2015 15:36 WIB
ojk
OJK Siapkan Petunjuk Pelaksanaan Pembukaaan Data Perbankan di 2017
OJK. MI/Ramdani.

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana akan menerbitkan petunjuk pelaksanaan (juklak) sebagai acuan bagi pembukaan data perbankan di 2017.

Pembukaan data tersebut akan digunakan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak sebagai informasi wajib pajak yang tidak membayarkan pajaknya.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan pembuatan juklak dimaksudkan untuk menyelaraskan aturan karena sampai saat ini masih banyak aturan mengenai kerahasiaan informasi perbankan.

"Kami masih akan membuat juklak dahulu, karena dari sana sini masih ada aturan kerahasiaan bank," ujar Muliaman di Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (17/11/2015).

Dirinya menambahkan, OJK sebagai pengawas industri keuangan khususnya perbankan akan mendorong pemerintah terkait akses data Perbankan oleh Ditjen Pajak.

"Kami akan dorong pemerintah karena ini juga sudah kesepakatan global, tinggal bagaimana juklaknya," ungkap Muliaman.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan pemerintah Indonesia siap melakukan pertukaran informasi pajak dengan negara anggota G20 sebagai bagian dari perjanjian pajak internasional, mulai 2017 meskipun secara global dimulai pada 2018.

Kesepakatan pertukaran informasi pajak yang diinisiasi oleh Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) merupakan bagian dari hasil forum pertemuan tingkat tinggi G20 pada 2014 yang berlangsung di Australia.


(SAW)