Paket Kebijakan Ekonomi Tepat untuk Waspadai Pelemahan Ekonomi Global

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 17 Nov 2015 15:56 WIB
paket kebijakan ekonomi
Paket Kebijakan Ekonomi Tepat untuk Waspadai Pelemahan Ekonomi Global
Ketua Kadin Suryo Bambang Sulistio. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mengimbau agar Indonesia membuat langkah-langkah terobosan lain dalam mewaspadai pelemahan ekonomi Jepang dan Tiongkok.

"Kalau ekonomi Jepang dan Tiongkok melemah kita perlu waspadai ini dan memikirkan langkah-langkah apa ini yang bisa dilakukan agar tidak semakin lemah," ujar Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto, di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (17/11/2015).

Namun, langkah-langkah pemerintah yang telah mengeluarkan enam paket kebijakan dinilai sudah tepat untuk mewaspadai pelemahan ekonomi Jepang dan Tiongkok. Hanya saja bagaimana cara pemerintah agar mempercepat penerapan paket kebijakan tersebut.

"Paket-paket yang keluar itu kan sudah baik, tinggal bagaimana kita percepat biar tidak lemah perekonomina kita dan itu kan berdampak baik, bisa ciptakan lapangan kerja," ungkap Suryo.

Masih lanjut Suryo, Ia menekankan upaya hilirisasi industri juga merupakan salah satu faktor penting. Hal ini disebabkan harga bahan baku nasional dinilai masih lemah.

"Dengan hilirisasi industri, kita bisa produksi produk-produk dengan nilai tambah," jelasnya.


(AHL)