Pemerintah Waspadai Kenaikan The Fed Bulan Depan

Desi Angriani    •    Selasa, 17 Nov 2015 16:23 WIB
the fed
Pemerintah Waspadai Kenaikan The Fed Bulan Depan
Ilustrasi The Fed. (AFP PHOTO/BRENDAN SMIALOWSKI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah tengah mewaspadai rencana kenaikan suku bunga The Federal Reserves (The Fed) pada Desember 2015.

"Bapak Presiden memberi arahan bahwa kita tetap waspada karena ada kemungkinan dalam waktu dekat The Fed akan menaikkan suku bunga," ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di Jakarta, Selasa (17/11/2015).

Pramono menjelaskan, kewaspadaan pemerintah itu dibarengi dengan langkah-langkah antisipatif. Salah satunya dengan mensinkronkan semua paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan.

"Yang belum keluar PP atau permen-nya segera dikeluarkan," imbuh dia.

Selain itu, pemerintah juga akan menggelar rapat terbatas bersama menteri bidang ekonomi untuk membahas persoalan tersebut. Rapat, kata Pramono akan digelar di Kantor Presiden, pada Jumat nanti.

"Rencananya kalau tidak Jumat atau Senin akan diadakan rapat tim ekonomi dan kabinet terbatas untuk membahas persoalan itu," beber Pramono.

Sementara itu, paket kebijakan ekonomi berikutnya, kata Pramono menunggu hasil keputusan dari rapat tersebut. "Apakah akan ada paket baru yang akan disampaikan pemerintah akan diumumkan kemudian," pungkasnya.

Sekadar diketahui, sinyalemen penaikan suku bunga kian terlihat menyusul kepercayaan diri jajaran The Fed dalam rapat Federal Open Martket Committee (FOMC). Dengan keputusan itu, Bank Sentral AS dianggap meremehkan gejolak yang terjadi di pasar keuangan global dan menampik bahwa sebenarnya data tenaga kerja AS belum pulih benar.

"Langkah yang dilakukan oleh the Fed ini adalah cara yang lembut untuk menyenggol pelaku pasar. Sepeti menguji kedalam dengan melempar batu namun tampa harus memberikan kejutan," jelas Kepala Ekonom Societe Generale, New York, AS, Aneta Markowska sebagaimana dikutip dalam Reuters.


(AHL)