Industri Cokelat Dorong Diversifikasi Produk Kakao

Husen Miftahudin    •    Rabu, 18 Nov 2015 10:02 WIB
kakao
Industri Cokelat Dorong Diversifikasi Produk Kakao
Ilustrasi -- FOTO: MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin meresmikan pusat pengembangan industri Rumah Cokelat di Palu, Sulawesi Tengah. Fasilitas itu dilengkapi dengan sentra desain dan produksi Rumah Kemasan untuk memacu hilirisasi industri cokelat Tanah Air.

"Jadi tidak lagi berhenti di produksi bahan baku. Pelaku industri dapat menciptakan nilai tambah dan itu pun dilakukan langsung di Palu, salah satu daerah produsen kakao utama di Indonesia," ujar Saleh dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (18/11/2015).

Saleh berharap agar dua fasilitas ini dapat mendorong diversifikasi produk olahan kakao dan meningkatkan konsumsi cokelat di Indonesia. Pasalnya, industri pengolahan kakao dinilai punya peran penting meningatkan devisa, pendapatan dan konsumsi cokelat masyarakat.

Konsumsi kakao di Indonesia saat ini masih relatif rendah dengan rata-rata 0,5 kilogram per kapita per tahun. Konsumsi ini jauh lebih rendah dibanding dengan konsumsi negara-negara Eropa yang lebih dari 8 kilogram per kapita per tahun.

Saleh menambahkan, pihaknya juga terus memcau industri hilir pengolahan kakao skala kecil (IKM). Hal ini mengingat sektor kakao mempunyai rantai nilai yang cukup banyak dan berperan besar dalam penumbuhan ekonomi masyarakat.

"Keberadaan Rumah Kemasan dapat dimanfaatkan IKM untuk memperbaiki kemasan dan desain produk yang turut membantu pemasaran ke luar daerah bahkan ekspor. Apalagi kemasan juga bagian dari penguatan merek atau branding," papar dia.

"Ke depan, Rumah Cokelat di Sulawesi Tengah ini diharapkan memotivasi  provinsi-provinsi penghasil kakao di Indonesia untuk mengembangkan industri hilir kakao di daerah masing-masing," pungkas Saleh.


(AHL)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

8 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA